Wajib Tahu! Ini Dia Strategi Agar Lulus Kuliah Tepat Waktu

Oleh Universitas Cakrawala

26 March 2024

Setiap mahasiswa pasti ingin lulus tepat waktu, atau bahkan jika bisa, lulus lebih cepat. Umumnya, durasi pendidikan S1 di Indonesia adalah 4 tahun untuk dapat lulus perkuliahan. Namun, banyak yang masih meremehkan kuliah dan tidak mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh. Sebagai akibatnya, banyak mahasiswa yang harus mengulang mata kuliah dan tidak bisa lulus tepat waktu. Bahkan tidak sedikit juga mahasiswa yang berakhir drop out karena tidak kunjung lulus. 

 

Jika sekarang kamu merupakan seorang mahasiswa, yuk mulai belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat lulus kuliah tepat waktu! Baca artikel ini sampai habis untuk memahami langkah-langkah yang perlu kamu lakukan agar lulus kuliah tepat waktu. 

 

1. Manajemen Waktu yang Baik

Cara pertama agar kamu lulus kuliah tepat waktu adalah dengan manajemen waktu. Dengan kata lain, kamu perlu mengatur waktu belajarmu agar lebih efektif. Kamu bisa melakukan ini dengan membuat rencana belajar. Tidak sampai situ saja, pastinya kamu juga perlu mematuhi rencana belajar yang telah kamu buat. 

 

Kamu bisa menentukan kapan kamu akan belajar, berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas, berapa banyak materi yang perlu kamu pelajari, dan lain-lain. Dengan membuat rencana dengan baik, kamu bisa mempercepat proses belajar dan lebih mudah meraih target. 

 

2. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Cara selanjutnya agar kamu lulus kuliah tepat waktu adalah dengan tidak menunda-nunda tugas. Dengan tidak menunda-nunda tugas, kamu akan mengurangi beban dan stress yang kamu hadapi. Ini karena kalau kamu mengerjakan tugas lebih cepat, maka kamu dapat menghindari tugas yang menumpuk di kemudian hari. 

 

Apalagi umumnya tugas telah diberikan dari jauh-jauh hari. Kamu bisa mengatur sendiri tugas mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu, dan berapa lama waktu yang kira-kira diperlukan untuk mengerjakan tugas tersebut. Dengan begitu, kamu akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk belajar dan mengerjakan tugas sehingga tidak perlu mengulang mata kuliah. 

 

3. Jangan Sering Bolos Kuliah

Jadwal kuliah memang sering tidak menentu. Jarak antar kelas yang satu dengan kelas yang lain bisa saja cukup jauh, sehingga mahasiswa memiliki banyak waktu luang di sela-sela kelas. Atau mungkin, dalam satu hari hanya perlu menghadiri satu kelas. Hal ini lah yang bisa membuat mahasiswa menjadi malas untuk menghadiri kelas. 

 

Apakah kamu juga begitu? Padahal, jika kamu melewatkan satu kali kelas saja, kamu sudah melewatkan cukup banyak materi pada hari itu. Jika terus berlanjut, kamu akan semakin tertinggal dan pemahamanmu akan mata kuliah tersebut semakin rendah. Jika sudah begitu, nilai kamu bisa saja tidak memuaskan dan berakhir harus mengulang mata kuliah tersebut. Jadi, jangan sampai kamu malas menghadiri kelas, ya, karena dampaknya akan sangat besar untuk nilaimu ke depannya.

 

4. Menjadi Aktif di Kelas

Berpartisipasi dengan aktif di kelas memiliki banyak manfaat. Selain membantu meningkatkan pemahaman materi, kamu juga akan lebih diingat oleh dosen karena aktif berpartisipasi dalam diskusi di kelas. Jika kamu diingat oleh dosen, kamu akan lebih mudah jika suatu saat membutuhkan bantuan dari dosen tersebut dalam belajar atau dalam menghubungi dosen lain. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan nilai tambahan karena aktif berpartisipasi dan menunjukkan semangatmu dalam belajar. 

 

5. Gunakan Waktu Luang Untuk Belajar

Bukan maksudnya kamu perlu terus belajar bahkan pada waktu istirahat, ya. Maksudnya, kamu bisa memanfaatkan waktu luang di sela-sela menunggu jadwal kelas berikutnya untuk belajar. Daripada menunggu lama dan tidak melakukan hal bermanfaat, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk mengunjungi perpustakaan untuk mengerjakan tugas, mempersiapkan diri untuk kelas berikutnya, atau mempelajari materi. Dengan begitu, waktumu tidak terbuang sia-sia untuk menunggu.

 

6. Jangan Lupa Beristirahat

Meskipun belajar agar bisa lulus kuliah tepat waktu memang penting, kamu tidak boleh sampai kurang istirahat demi mengejar prestasi akademik. Istirahat yang cukup dan melakukan hobi bisa mengurangi stress dari belajar dan meningkatkan motivasi. Segala upaya untuk lulus tepat waktu akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan menjaga kesehatan fisik dan mental.

 

Itu dia beberapa strategi yang bisa kamu terapkan jika ingin lulus kuliah tepat waktu. Selama kamu konsisten dalam belajar dan mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh, maka kamu akan lulus kuliah tepat waktu. Meskipun sulit, terus jaga motivasimu dan ingatlah tujuan awalmu berkuliah. 

 

Ingin kuliah yang bisa punya banyak peluang kerja setelah lulus? Apa sih jurusan kuliah yang sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia saat ini? Gak usah jauh-jauh, yuk kuliah di Cakrawala University aja! 

 

Dengan beberapa jurusan seperti Bisnis Digital, Keuangan dan Investasi, Ilmu Komputer, Sains Data, dan Sistem dan Teknologi Informasi, dijamin kamu akan lulus dengan bekal keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan oleh industri. Tunggu apa lagi? Buruan daftar di https://register.cakrawala.ac.id/ dan raih cita-citamu bersama Cakrawala University!

 

Baca Juga :

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.