Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Oleh Universitas Cakrawala

16 November 2023

Digital marketer merupakan profesi yang banyak diminati saat ini. Selain banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, digital marketer juga menawarkan jenjang karir dan gaji yang menarik. Sebelumnya kamu perlu tahu apa saja tugas digital marketer, prospek kerja, jenjang karir dan gajinya. Simak penjelasannya dalam artikel berikut. 

Tugas Digital Marketer

Secara umum, tugas seorang digital marketer yaitu melakukan pemasaran produk dan layanan melalui media dan saluran internet sepert media sosial, aplikasi, email, situs web dan sebagainya. Seorang digital marketer juga bertanggung jawab akan branding produk, meningkatkan traffic web, merancang, serta menerapkan strategi pemasaran untuk perusahaan. Digital marketer juga perlu memiliki kemampuan analisis data, riset tren dan kata kunci yang sedang berkembang di internet, khususnya di media sosial. 

Prospek Kerja Digital Marketer

Digital marketing memiliki cakupan yang luas karena memiliki saluran dan platform yang berbeda, tentunya hal ini menciptakan berbagai jenis pekerjaan dan prospek kerja yang beragam. Berikut beberapa prospek kerja digital marketer dan penjelasannya:

 

1. SEO Specialist

SEO specialist saat ini banyak dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang dijual serta meningkatkan visibilitas perusahaan. SEO specialist bertugas untuk mengoptimalkan situs perusahaan agar dapat muncul di halaman utama hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Istilah ini dikenal dengan SERP atau Search Engine Result Page. Beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang SEO Specialist adalah meriset kata kunci yang relevan dengan isi konten dari perusahaan, menganalisis konten, meningkatkan traffic ke website perusahaan melalui berbagai strategi. 

 

2. Social Media Marketing

Selanjutnya, ada Social Media Marketing yang berfokus untuk melakukan pemasaran produk melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Social Media Marketing semakin banyak dibutuhkan mengingat pengguna media sosial di Indonesia sangat besar dan dapat dengan mudah menemukan tren yang sedang berkembang. Seorang social media marketing juga harus memahami algoritma dan perilaku konsumen dari tiap platform karena memiliki pendekatan yang berbeda. 

 

3. Content Writer/Copywriter

Apakah kamu orang yang gemar menulis? sepertinya kamu akan cocok dengan pekerjaan digital marketer yang satu ini yaitu Content Writer/Copywriter. Profesi ini bertanggung jawab untuk menghasilkan tulisan yang menarik bagi audiens. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Content writer lebih berfokus pada pembuatan konten artikel untuk mengedukasi dan memberikan informasi kepada audiens. Sementara, copywriter bertujuan untuk menarik pembeli melalui kata-kata pada iklan maupun di social media. 

 

4. PPC Specialist

Digital marketing juga tidak dapat dipisahkan dari periklanan. Salah satu profesinya yaitu Pay-per-Click (PPC) Specialist. Profesi ini bertugas untuk merancang strategi iklan baik di situs website maupun di social media. PPC Specialist juga bertanggung jawab menganalisis efektivitas iklan tersebut dan memperhitungkan biayanya. 

 

5. KOL Specialist

Semakin berkembangnya social media, mendorong munculnya influencer untuk mempromosikan produk. Ternyata, ada profesi khusus yang bertugas untuk merencanakan strategi pemasaran melalui influencer yaitu Key Opinion Leader (KOL) Specialist. KOL bertanggung jawab untuk menganalisis influencer yang sesuai dengan citra brand atau perusahaan. 

 

6. Digital Marketing Consultant

Selanjutnya, kamu juga dapat mendalami bidang Digital Marketing Consultant. Profesi ini tentunya membutuhkan keahlian tinggi dan pemahaman yang luas terhadap tren-tren di dunia digital marketing. Sebagai seorang digital marketing consultant, kamu akan menyediakan jasa konsultasi kepada perusahaan untuk menganalisis strategi pemasaran di berbagai platform. 

Jenjang Karir Digital Marketer

Untuk jenjang karir digital marketer tentunya kamu tidak perlu khawatir karena bidang ini akan terus berkembang dan tetap dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Berikut jenjang karir digital marketer:

 

  1. Entry Level

Posisi ini cocok untuk kamu yang baru saja lulus dari perkuliahan dan ingin mendalami bidang digital marketing. Beberapa diantaranya jabatan untuk entry level di bidang digital marketing yaitu social media staff, copywriter, dan graphic designer. 

 

  1. Specialist

Posisi ini cocok untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman di bidang digital marketing selama beberapa tahun dan sudah menguasai beberapa tools digital marketing. Kamu juga akan bertanggung jawab sebagai pemimpin sebuah tim. Jabatan pada posisi ini diantaranya content specialist, social media specialist, SEO Specialist. 

 

  1. Digital Marketing Lead

Setelah berhasil pada posisi specialist, peranmu dalam perusahaan akan meningkat menjadi Digital Marketing Lead. Kamu akan bertanggung jawab untuk memimpin para spesialict dan turut mengawasi tim yang dinaungi, serta membuat strategi pemasaran bagi perusahaan. 

 

  1. Digital Marketing Manager

Posisi paling tinggi dalam jenjang karir digital marketer yaitu Digital Marketing Manager. Sebagai seorang digital marketing manager tentunya tanggung jawabmu semakin besar karena mengawasi kinerja banyak tim dan bertanggung jawab atas kegiatan digital marketing perusahaan. Untuk berada di posisi ini, kamu harus menguasai hampir semua bidang digital marketing dengan keahliannya masing-masing sehingga dibutuhkan paling tidak lima sampai tujuh tahun pengalaman kerja. 

Gaji Digital Marketer

Untuk gaji seorang digital marketer kamu tidak perlu khawatir karena memiliki variasi yang beragam tergantung dari posisi dan industri perusahaan. Untuk entry level berada pada rentang Rp5.000.000 hingga Rp7.000.000. Sementara untuk level specialist, berada pada rentang Rp6.000.000 hingga Rp 10.000.000. Untuk level lead atau analyst, memiliki gaji sekitar Rp10.000.000. Dan untuk setingkat manager, gaji yang diberikan berkisar antara Rp12.000.000 hingga Rp 18.000.000. 

 

Tertarik untuk menjadi digital marketer profesional di masa depan? Daftarkan dirimu di program studi Bisnis Digital, Cakrawala University. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi laman resmi cakrawala.ac.id. Raih masa depanmu dengan menjadi digital marketer profesional. 

 

Baca Juga :

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.