Jadi Mahasiswa Abadi? Ini Dia 6 Hal yang Membuat Kamu Terlambat Lulus

Oleh Universitas Cakrawala

26 March 2024

Apakah kamu seorang mahasiswa? Pastinya kamu ingin lulus tepat waktu, kan? Idealnya, mahasiswa akan lulus dari perguruan tinggi dalam waktu 4 hingga 5 tahun. Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang lulus terlambat. Mahasiswa yang tidak kunjung lulus biasanya disebut sebagai “mahasiswa abadi”. Tidak jarang pula para mahasiswa abadi ini berakhir drop out karena telah melewati batas masa studi yang ditentukan kampus. 

 

Pastinya kamu gak mau menjadi mahasiswa abadi, kan? Apalagi sampai harus drop out. Nah, untuk mencegah dirimu menjadi mahasiswa abadi, yuk simak beberapa hal yang bisa membuat kamu terlambat lulus. Jangan sampai kamu jadi mahasiswa abadi, deh!

 

1. Terlalu Aktif Berorganisasi

Organisasi menjadi salah satu bagian penting dari perkuliahan. Memang ada banyak manfaat dari mengikuti organisasi selama kuliah. Kamu bisa membangun skill yang nantinya diperlukan di dunia kerja dengan mengikuti organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Namun, jika terlalu sibuk dengan organisasi juga tentunya tidak baik. 

 

Jika kamu terlalu fokus dengan kegiatan organisasi dan tidak bisa mengatur waktu dengan baik, maka bisa saja menimbulkan dampak buruk bagi performa akademik. Terlalu sibuk mengikuti kegiatan organisasi bisa saja membuat kamu lalai terhadap tugas utamamu sebagai mahasiswa, yaitu belajar. Jangan sampai karena kamu ingin membangun personal branding sebagai mahasiswa yang hebat karena aktif berorganisasi, kamu malah mengabaikan perkuliahan.

 

2. Terlalu Sibuk Berbisnis

Tidak bisa dipungkiri, mahasiswa memang banyak membutuhkan uang tambahan untuk menunjang perkuliahan. Apalagi jika kamu merantau jauh dari rumah, pasti akan lebih membutuhkan banyak uang. Karena itu, tidak heran jika banyak mahasiswa yang berbisnis atau bekerja sambilan. 

 

Ditambah lagi, sekarang banyak ide bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa sambil berkuliah. Namun, kamu harus berhati-hati. Jangan sampai kamu terlalu fokus dalam membangun bisnis hingga melupakan tanggung jawabmu sebagai mahasiswa, ya. Kamu harus bisa membagi waktu antara bisnis dan perkuliahan agar tidak menjadi mahasiswa abadi.

 

3. Kelemahan Akademik

Salah satu faktor utama mahasiswa bisa menjadi mahasiswa abadi adalah kelemahan akademik. Beberapa mahasiswa memang kesulitan dalam mengikuti perkuliahan. Jika kamu tidak bersungguh-sungguh dalam belajar, maka bisa saja kamu perlu mengulang mata kuliah tersebut. Hal ini lah yang bisa membuat kamu lulus terlambat. 

 

Langkah paling penting yang bisa kamu lakukan agar tidak mengulang mata kuliah adalah manajemen waktu. Seperti yang telah dijelaskan pada alasan sebelumnya, kamu perlu membagi fokus dengan adil antara perkuliahan dan kegiatan lain. Selain itu, kamu juga perlu membagi waktu untuk mempelajari berbagai mata kuliah yang kamu ambil.

 

4. Jumlah SKS yang Diambil

Umumnya, kamu perlu mengambil 20-24 SKS per semester untuk bisa lulus dalam 4 tahun. Normalnya, kamu cukup mengambil setidaknya 21 SKS dalam satu semester. Namun, kalau kamu memiliki IPK lebih dari 3.50, kamu diperbolehkan mengambil lebih banyak SKS hingga maksimal 24 SKS. 

 

Meskipun diperbolehkan, tidak disarankan untuk mengambil kurang dari 20 SKS per semester karena akan mempengaruhi masa studimu. Jadi, bijaklah dalam memilih jumlah SKS yang diambil per semester sesuai dengan kemampuanmu. Jangan mengambil terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

 

5. Terlalu Sering Bolos

Sebagai seorang mahasiswa, memang ada masanya merasa malas untuk mengikuti perkuliahan. Entah karena sekedar malas bangun atau karena ada urusan yang menjadi alasan bolos, terkadang memang ada saat di mana kamu tidak menghadiri kelas. 

 

Tapi pastinya bolos terlalu sering akan berdampak buruk pada performa akademik. Selain tertinggal materi, kamu juga jadi membiasakan bolos karena rasa malas. Kalau sudah begitu, kamu akan semakin malas dan malah semakin tertinggal materi dibandingkan dengan teman-teman lain. Hasil dari mengerjakan tugas dan ujian menjadi tidak maksimal karena kamu melewatkan banyak materi yang penting selama bolos. Bagaimana kamu bisa lulus tepat waktu kalau sering tertinggal materi? 

 

6. Malas Mengerjakan Skripsi

Musuh terbesar bagi mahasiswa semester akhir adalah skripsi. Bahkan bisa dibilang gagal dalam mengerjakan skripsi menjadi alasan utama kamu bisa menjadi mahasiswa abadi. Menyusun skripsi memang terlihat sulit dan berat bagi mahasiswa sehingga seringkali mahasiswa sudah merasa malas mengerjakan sejak awal. Namun, jika sudah malas dan tidak dilawan, tidak jarang mahasiswa mengerjakannya dengan terburu-buru sehingga hasilnya tidak maksimal.

 

Jika sudah begitu, maka tidak heran jika skripsi tersebut banyak yang salah dan perlu direvisi. Untuk melakukan revisi yang banyak tentunya memerlukan waktu yang tidak sebentar. Kalau terus berlanjut, maka waktu lulus akan semakin mundur karena tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakan skripsi. 

 

Itulah beberapa hal yang bisa membuat kamu menjadi mahasiswa abadi. Jangan khawatir, selama kamu mengatur waktu dengan baik dan mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh, kamu pasti akan bisa lulus tepat waktu. Jangan lupakan tanggung jawabmu sebagai seorang mahasiswa, ya!

 

Kamu masih bingung mau kuliah di mana? Yuk, kuliah di Cakrawala University aja! Dengan beberapa jurusan seperti ilmu komputer, bisnis digital, sains data, dan lainnya, dijamin kamu akan menjadi lulusan berkualitas yang memiliki banyak peluang kerja. Buruan daftar di https://register.cakrawala.ac.id/ dan raih cita-citamu bersama Cakrawala University!

 

Baca Juga :

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.