Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Seiring berkembangnya teknologi, dunia bisnis semakin terhubung dengan teknologi digital. Di mana teknologi digital telah mengubah cara kita berinteraksi, berbelanja, dan menjalankan bisnis, penting bagi para pengusaha dan pelaku bisnis untuk memahami potensi dan peluang yang ditawarkan oleh bisnis digital.

Caranya adalah dengan mengadopsi teknologi digital, di mana saat ini digitalisasi merupakan proses yang mulai diimplementasikan mayoritas pebisnis. Dalam artikel ini, kami akan mengajak kamu menjelajahi konsep, contoh terkini, dan peluang yang dapat membantu kamu sukses dalam menjalankan bisnis digital.

Yuk kita mulai menggali seputar bisnis digital agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin!

Definisi Bisnis Digital

Apa itu bisnis digital? Bisnis digital adalah semua kegiatan bisnis yang dilakukan secara elektronik atau melalui platform digital. Ini mencakup penggunaan teknologi digital, seperti internet, komputer, perangkat mobile, dan aplikasi, untuk mengelola operasi bisnis, berinteraksi dengan pelanggan, dan melakukan transaksi.

Apa itu digital business, bedakah dengan bisnis digital? Keduanya memiliki arti yang sama hanya saja digital business adalah terjemahan bisnis digital dalam Bahasa Inggris.

Pengertian bisnis digital adalah jenis bisnis yang menggunakan teknologi digital dan platform online sebagai fondasi utama dalam menjalankan operasional, berinteraksi dengan pelanggan, dan melakukan transaksi.

Untuk memulai bisnis digital, pengusaha harus mengetahui bagaimana langkah yang harus diambil. Minimal pengusaha memahami bagaimana konsep bisnis digital, sehingga tidak terjadi kesalahan saat prakteknya.

Konsep Bisnis Digital

E-commerce

E-commerce (electronic commerce) mengacu pada transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui internet. Konsep ini melibatkan berbagai aspek dalam menjalankan bisnis secara online, termasuk pemasaran, penjualan, pengiriman, dan layanan pelanggan.

Pemasaran Digital

Penggunaan strategi pemasaran online, seperti iklan digital, optimasi mesin pencari (SEO), media sosial, dan konten digital.

Analitik Bisnis

Pengumpulan, analisis, dan interpretasi data digital untuk mendapatkan wawasan yang berharga dalam pengambilan keputusan bisnis.

Layanan Pelanggan Digital

Menyediakan dukungan pelanggan melalui kanal digital, seperti obrolan langsung, email, atau media sosial.

 

Transformasi Digital

Mengadopsi teknologi digital secara menyeluruh untuk mengubah model bisnis, proses operasional, dan pengalaman pelanggan.

Contoh Bisnis Digital

Perlu diketahui, bisnis digital ini mencakup berbagai bidang seperti e-commerce, digital marketing, SaaS, dan startup teknologi. Berikut beberapa bisnis digital yang kami rangkum untuk kamu.

Toko Online

Toko online berpusat pada produk atau layanan tertentu, seperti pakaian olahraga, peralatan elektronik, pakaian, dan lain-lain. Fokusnya pada pemasaran online dan pengiriman produk ke seluruh dunia. Contohnya adalah Amazon, eBay, atau Tokopedia yang menjual produk dan layanan melalui platform e-commerce.

Aplikasi Mobile

Mengembangkan aplikasi mobile yang memecahkan masalah atau menyediakan layanan khusus. Misalnya, aplikasi perjalanan, pengelolaan keuangan, atau aplikasi pendidikan. Contohnya adalah Uber, Grab, atau Gojek yang menyediakan layanan transportasi melalui aplikasi mobile.

Media Sosial

Media sosial bermanfaat bagi merek atau perusahaan yang membutuhkan bantuan dalam membangun dan mengelola branding di platform media sosial. Contohnya adalah Facebook, Instagram, atau Twitter/X yang menyediakan platform untuk berinteraksi, berbagi konten, dan beriklan.

Layanan Keuangan Digital

Layanan ini biasanya menjadi alat penghubung antara pebisnis dengan klien yang membutuhkan layanan profesional. Contohnya adalah PayPal, TransferWise, atau OVO yang menyediakan solusi pembayaran dan transfer uang melalui platform digital.

Perusahaan Teknologi

Bisnis jenis ini bergerak secara khusus di bidang teknologi dengan cara membantu berbagai level bisnis untuk membangun keberadaannya secara online yang kuat melalui pembuatan dan pengembangan situs web. Keberadaan secara online ini dapat diartikan sebagai keberadaan suatu bisnis atau organisasi di dunia maya. Contohnya adalah Google, Apple, atau Microsoft yang menyediakan layanan dan produk digital dalam berbagai bidang, seperti pencarian internet, perangkat keras, dan perangkat lunak.

Peluang Bisnis Digital

Bisnis digital menawarkan banyak peluang karir yang menarik, tetapi juga memiliki tantangan yang berbeda.

Marketing Analyst

Marketing Analyst adalah seorang profesional di bidang pemasaran yang bertanggung jawab untuk menganalisis data dan informasi untuk menghasilkan wawasan dalam pengambilan keputusan pemasaran. Marketing Analyst bertanggung jawab untuk mengidentifikasi target audiens, menganalisis performa situs web, serta merancang skenario yang potensial untuk keberhasilan kampanye pemasaran dan pengaruhnya terhadap penjualan.

Financial Analyst

Financial Analyst adalah seorang profesional di bidang keuangan yang melakukan analisis dan evaluasi terhadap kinerja keuangan suatu perusahaan, investasi, atau proyek. Tugas utama seorang Financial Analyst adalah mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data keuangan untuk memberikan wawasan dan rekomendasi kepada manajemen atau investor.

Digital Marketer

Digital Marketer adalah seorang profesional di bidang pemasaran yang memiliki keahlian khusus dalam strategi pemasaran digital. Mereka menggunakan berbagai platform dan alat digital untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek secara online. Digital Marketer bertanggung jawab meningkatkan visibilitas online, menghasilkan lalu lintas, dan mencapai tujuan pemasaran melalui berbagai kanal digital.

Startup Entrepreneur

Bidang ini berfokus dalam memulai dan mengembangkan sebuah Startup Company dengan memanfaatkan teknologi digital. Startup Entrepreneur adalah seorang individu yang menciptakan, mengembangkan, dan mengelola sebuah startup bisnis. Seorang Startup Entrepreneur adalah orang yang memiliki visi dan keinginan untuk menciptakan solusi baru atau memanfaatkan peluang bisnis yang inovatif.

Startup Consultant

Bidang ini berperan besar dalam fase awal sebuah perusahaan. Startup Consultant adalah seorang profesional yang memberikan nasihat, bimbingan, dan dukungan kepada startup dalam berbagai aspek bisnis mereka. Mereka membantu para pendiri startup mengatasi tantangan yang mereka hadapi dan membantu mereka mengembangkan strategi yang efektif untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan.

Bagi kamu yang tertarik mengenai bisnis digital, Cakrawala University menyediakan jurusan Bisnis Digital yang terbuka untuk semua calon mahasiswa yang ingin bekerja di bidang bisnis digital.

Program studi ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi di bidang Bisnis Digital dengan menekankan peningkatan keterampilan dalam perencanaan, pengembangan, manajemen, analisis, dan evaluasi dalam konteks bisnis.

 

Siap untuk menjadi pemimpin di era digital? Jadilah bagian dari Program Studi Bisnis Digital Cakrawala University yang inovatif dan dapatkan keunggulan kompetitif di dunia bisnis yang berbasis teknologi.

Kunjungi situs web kami di cakrawala.ac.id untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengubah masa depan kamu!

 

 

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuliah Kelas Karyawan

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Karir Menjanjikan, Ini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer yang Harus Kamu Tahu

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Manajemen Keuangan Belajar Apa Saja? Ini Mata Kuliah yang Dipelajari!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Ini Dia Daftar Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi Serta Penjelasannya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Manajemen Keuangan, Jenjang Karir, Serta Gajinya

Universitas Cakrawala

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Pengertian Teknologi: Jenis-Jenis dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.