150 Judul Skripsi Akuntansi Sektor Publik Berbagai Topik

School of Economics and Business
Tayang 19 December 2025
Diperbarui 19 December 2025
Waktu Baca 10 Minutes

Sudah Direview Oleh Dwi Winarno, S.E., M.B.A., CIFM

Ditulis oleh

Rahmawati

Akuntansi sektor publik merupakan salah satu konsentrasi di Jurusan Akuntansi yang banyak diminati mahasiswa, terutama untuk tugas akhir atau skripsi. Banyak yang memilih judul skripsi ini karena topiknya beragam, mulai dari anggaran hingga kebijakan publik.

 

Nah, biar kamu nggak bingung memilih dan supaya skripsimu tetap menarik, artikel ini bakal kasih contoh judul skripsi akuntansi sektor publik lengkap dari berbagai topik. Yuk, simak artikel selengkapnya supaya kamu dapat inspirasi judul yang pas!

 

Key Takeaways

 

  • Topik judul skripsi akuntansi sektor publik bisa sangat beragam, mulai dari anggaran dan pendapatan, pengelolaan keuangan daerah, hingga perpajakan sektor publik.
  • Tips memilih judul skripsi yang menarik meliputi menyesuaikan dengan minat, fokus pada topik spesifik, memastikan data, serta memanfaatkan referensi dan isu terkini.
  • Universitas Cakrawala memiliki Jurusan Akuntansi yang membekali mahasiswa dengan pemahaman akuntansi publik secara menyeluruh, didukung kurikulum berbasis industri, praktik langsung, hingga kesempatan magang sejak awal kuliah.

 

150 Contoh Judul Skripsi Akuntansi Sektor Publik

 

Untuk membantu kamu menemukan ide skripsi yang tepat, berikut beberapa contoh judul skripsi untuk jurusan Akuntansi Sektor Publik yang dikelompokkan berdasarkan fokus topiknya:

 

Topik Terkait Anggaran dan Pendapatan

 

Topik anggaran dan pendapatan membahas bagaimana pemerintah merencanakan, mengalokasikan, dan mengelola sumber daya keuangan untuk memenuhi kebutuhan publik. Penelitiannya berfokus pada efektivitas penggunaan anggaran hingga evaluasinya.

 

  1. Analisis Terhadap Penyajian Laporan Realisasi Anggaran Kota Surakarta Tahun 2018 (Studi Implementasi PP No. 24 Tahun 2005)
  2. Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di Desa Bendosari Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung
  3. Analisis Pengukuran Kinerja Anggaran Pada Dinas PU Bina Marga Dan Pengairan Kabupaten Blitar
  4. Analisis Realisasi Anggaran untuk Menilai Efektivitas Kinerja Anggaran pada Dinas Perhubungan
  5. Evaluasi Perencanaan dan Pengendalian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Kabupaten/Kota
  6. Analisis Perbandingan Anggaran Pendapatan dan Realisasi pada Sektor Pendidikan di Pemerintah Daerah
  7. Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap Perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
  8. Analisis Kesesuaian Realisasi Anggaran dengan Target Pendapatan Asli Daerah (PAD)
  9. Evaluasi Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
  10. Analisis Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dalam Meningkatkan Pelayanan Publik
  11. Studi Tentang Efektivitas Anggaran Operasional pada Dinas Perhubungan
  12. Pengaruh Pengelolaan Anggaran Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah
  13. Analisis Perencanaan Anggaran untuk Menilai Efektivitas Penggunaan Dana Desa
  14. Evaluasi Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dalam Mendukung Program Pembangunan Infrastruktur
  15. Analisis Perbedaan Anggaran dan Realisasi Pendapatan di Sektor Publik Kabupaten/Kota
  16. Studi Tentang Pengaruh Penyusunan Anggaran Terhadap Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah
  17. Analisis Anggaran Pendapatan dan Belanja Sektor Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah Negeri
  18. Evaluasi Proses Perencanaan Anggaran pada Dinas Sosial Kabupaten/Kota
  19. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
  20. Studi Tentang Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sektor Kesehatan
  21. Analisis Perencanaan dan Realisasi Anggaran pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota
  22. Evaluasi Penggunaan Anggaran Operasional pada Dinas Perhubungan untuk Efisiensi Layanan
  23. Analisis Implementasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dalam Menunjang Program Pemberdayaan Masyarakat
  24. Pengaruh Kualitas Perencanaan Anggaran Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah
  25. Analisis Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja pada Dinas Pariwisata dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah

 

Topik Terkait Pengelolaan Keuangan Daerah dan Kualitas Laporan Keuangan

 

Topik ini fokus pada bagaimana pemerintah daerah mengatur, mencatat, dan menyajikan seluruh aktivitas keuangan secara akurat dan transparan.

 

  1. Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah, Peran Internal Audit, dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah
  2. Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)
  3. Evaluasi Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dalam Mengelola Keuangan di Lingkungan Pemerintah Daerah
  4. Pengamatan Penyajian Laporan Arus Kas Kota Semarang (Studi Implementasi PP No. 24 Tahun 2005)
  5. Penyajian Laporan Neraca Kabupaten Bandung (Studi Atas Implementasi PP No. 24 Tahun 2005)
  6. Analisis Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP)
  7. Evaluasi Pengaruh Pengelolaan Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  8. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Akurasi Laporan Keuangan Pemerintah Desa
  9. Pengaruh Implementasi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan
  10. Evaluasi Penyusunan Laporan Realisasi Anggaran di Pemerintah Kota/Kabupaten
  11. Analisis Tingkat Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dalam Mendukung Akuntabilitas Publik
  12. Studi Tentang Kualitas Laporan Keuangan Sektor Publik Berdasarkan Audit Internal dan Eksternal
  13. Analisis Perbandingan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah sebelum dan sesudah Implementasi SPIP
  14. Pengaruh Pengelolaan Kas dan Investasi Daerah terhadap Akurasi Laporan Keuangan
  15. Evaluasi Sistem Pengendalian Internal pada Dinas Kesehatan dalam Menyusun Laporan Keuangan
  16. Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Desa dalam Mendukung Transparansi dan Akuntabilitas
  17. Studi Tentang Pengaruh Perencanaan dan Penganggaran Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah
  18. Analisis Audit Internal dalam Meningkatkan Akurasi Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota
  19. Evaluasi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Berdasarkan Implementasi PP No. 24 Tahun 2005
  20. Analisis Pelaporan Keuangan Sektor Publik dalam Mendukung Pengambilan Keputusan Pemerintah Daerah
  21. Studi Tentang Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan
  22. Evaluasi Transparansi Laporan Keuangan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota
  23. Analisis Peran Pengelolaan Aset dan Pendapatan Daerah dalam Menunjang Laporan Keuangan Akurat
  24. Studi Tentang Pengaruh Pengawasan Internal terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Desa
  25. Evaluasi Penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dalam Perspektif Akuntabilitas Publik

 


 

Cek juga:

 

 


 

Topik Terkait Transparansi dan Akuntabilitas

 

Topik ini membahas bagaimana pemerintah dan instansi publik menyajikan informasi keuangan secara terbuka serta bertanggung jawab. Biasanya fokus pada keterbukaan laporan, kepatuhan terhadap peraturan, dan mekanisme pertanggungjawaban keuangan publik.

 

  1. Hubungan antara Partisipasi Anggaran, Transparansi Fiskal, dan Akuntabilitas Kinerja Organisasi Sektor Publik
  2. Peran Audit Internal dalam Meningkatkan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah
  3. Pengaruh Transparansi Anggaran terhadap Tingkat Kepercayaan Publik
  4. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Pencapaian Good Governance
  5. Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan BUMDes
  6. Evaluasi Tingkat Transparansi Laporan Keuangan Pemerintah Desa dalam Mendukung Akuntabilitas Publik
  7. Pengaruh Keterbukaan Informasi Keuangan terhadap Efektivitas Pengelolaan Anggaran Desa
  8. Analisis Peran Audit Eksternal dalam Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Daerah
  9. Studi Tentang Hubungan Transparansi Laporan Keuangan dan Tingkat Kepatuhan Aparatur Pemerintah
  10. Evaluasi Implementasi Prinsip Akuntabilitas pada Pengelolaan Dana Desa
  11. Analisis Pengaruh Transparansi Fiskal terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota
  12. Pengaruh Sistem Akuntansi Terhadap Keterbukaan dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Publik
  13. Studi Tentang Akuntabilitas Penggunaan Dana Bantuan Pemerintah Desa
  14. Evaluasi Pengaruh Audit Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan dan Transparansi
  15. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Keterbukaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
  16. Studi Tentang Peran Pemeriksaan Keuangan terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran
  17. Pengaruh Pengendalian Internal terhadap Transparansi dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Sektor Publik
  18. Analisis Implementasi Prinsip Good Governance pada Pelaporan Keuangan Desa
  19. Evaluasi Hubungan Antara Transparansi Anggaran dan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Keuangan
  20. Pengaruh Audit Eksternal terhadap Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Daerah
  21. Analisis Keterbukaan dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Sektor Pendidikan Publik
  22. Studi Tentang Hubungan Kualitas Laporan Keuangan dengan Tingkat Akuntabilitas Pemerintah Desa
  23. Evaluasi Mekanisme Pertanggungjawaban Keuangan pada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
  24. Analisis Peran Transparansi Informasi Keuangan dalam Meningkatkan Akuntabilitas Dana Desa
  25. Studi Tentang Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Efektivitas Penggunaan Anggaran Publik

 

Topik Terkait Sistem Informasi dan Teknologi

 

Topik sistem informasi dan teknologi membahas bagaimana lembaga publik menggunakan aplikasi, software, dan sistem informasi akuntansi untuk mencatat, mengelola, dan menyajikan laporan keuangan secara lebih efisien dan akurat.

 

  1. Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
  2. Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Daerah (SIKD) di Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang
  3. Analisis Fraud di Sektor Publik dengan Model Penerapan Akuntansi Sektor Publik di Era Digital
  4. Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Proses Audit Sektor Publik untuk Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi
  5. Analisis Penggunaan Computer-Assisted Audit Tools (CAATs) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam Pelaksanaan Audit Kinerja
  6. Implementasi Sistem e-Budgeting di Pemerintah Daerah
  7. Analisis Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Desa
  8. Studi Tentang Implementasi Sistem Informasi Keuangan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Pemerintah
  9. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan Sektor Publik
  10. Evaluasi Penggunaan Software Akuntansi untuk Meningkatkan Efisiensi Proses Audit Pemerintah Daerah
  11. Analisis Keterkaitan Sistem Informasi Akuntansi dan Transparansi Pelaporan Keuangan Daerah
  12. Studi Tentang Pengaruh Otomatisasi Sistem Akuntansi Terhadap Akurasi Laporan Keuangan
  13. Analisis Penggunaan Sistem Informasi dalam Monitoring Realisasi Anggaran Desa
  14. Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Publik pada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota
  15. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepatuhan Aparatur Pemerintah dalam Pelaporan Keuangan
  16. Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Penyusunan Laporan Realisasi Anggaran
  17. Studi Tentang Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa
  18. Evaluasi Efektivitas Sistem Informasi dalam Proses Audit Internal Pemerintah Daerah
  19. Analisis Pengaruh Sistem Informasi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota
  20. Studi Tentang Peran Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Transparansi Anggaran Desa
  21. Analisis Implementasi Aplikasi Pengelolaan Keuangan Terhadap Efektivitas Penyusunan Laporan Keuangan
  22. Pengaruh Integrasi Sistem Informasi Akuntansi dan Monitoring Keuangan terhadap Akurasi Laporan Keuangan
  23. Studi Tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Akuntabilitas dan Keterbukaan Laporan Keuangan
  24. Analisis Penggunaan Sistem Informasi Keuangan dalam Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Proses Audit
  25. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada Dinas Pendidikan untuk Mendukung Pelaporan Keuangan Publik

 

Topik Terkait Kinerja dan Kebijakan Publik

 

Topik kinerja dan kebijakan publik membahas bagaimana efektivitas program dan kebijakan yang diterapkan berdampak pada pengelolaan keuangan dan pelayanan publik.

 

  1. Pengaruh Faktor Rasional, Politik, dan Sosio-Kultur Organisasi Terhadap Pemanfaatan Informasi Kinerja Instansi Daerah
  2. Analisis Pada Kinerja Keuangan Kota Malang Dengan Pendekatan Value for Money
  3. Analisis Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah
  4. Evaluasi Efektivitas Program Pengelolaan Keuangan Desa terhadap Peningkatan Pelayanan Publik
  5. Analisis Kinerja Keuangan dan Kebijakan Pengelolaan Dana Bantuan Pemerintah Desa
  6. Pengaruh Implementasi Kebijakan Anggaran Partisipatif terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah
  7. Evaluasi Pelaksanaan Program Peningkatan Infrastruktur terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah
  8. Analisis Hubungan Kebijakan Fiskal dan Kinerja Keuangan di Pemerintah Kabupaten/Kota
  9. Pengaruh Perencanaan Strategis Terhadap Efektivitas Program Pemerintah dan Kinerja Keuangan
  10. Evaluasi Dampak Kebijakan Subsidi terhadap Pengelolaan Keuangan dan Pelayanan Publik
  11. Analisis Kinerja Anggaran dan Efektivitas Kebijakan Pembangunan di Sektor Pendidikan
  12. Studi Tentang Hubungan Efektivitas Program Pemerintah dan Akuntabilitas Keuangan Daerah
  13. Pengaruh Kebijakan Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Kinerja Keuangan
  14. Evaluasi Implementasi Program Pengelolaan Aset Daerah terhadap Efektivitas Pelayanan Publik
  15. Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Berdasarkan Pendekatan Efisiensi dan Efektivitas
  16. Pengaruh Kebijakan Dana Desa terhadap Kinerja Aparatur dan Akuntabilitas Keuangan
  17. Studi Tentang Hubungan Kinerja Anggaran dan Implementasi Kebijakan Publik pada Dinas Kesehatan
  18. Evaluasi Dampak Program Pengembangan Ekonomi Daerah terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah
  19. Analisis Efektivitas Kebijakan Pengelolaan Keuangan Sektor Publik terhadap Layanan Publik
  20. Pengaruh Penerapan Sistem Penganggaran Berbasis Kinerja terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah
  21. Studi Tentang Hubungan Kebijakan Pemerintah dan Efektivitas Penggunaan Anggaran Desa
  22. Analisis Pengaruh Partisipasi Aparatur dan Kebijakan Publik terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah
  23. Evaluasi Implementasi Program Pelayanan Publik terhadap Akuntabilitas dan Efisiensi Anggaran
  24. Pengaruh Kebijakan Peningkatan PAD terhadap Kinerja Keuangan dan Pelayanan Publik
  25. Analisis Efektivitas Program Pemerintah dan Dampaknya pada Pengelolaan Keuangan Desa

 

Topik Terkait Perpajakan Sektor Publik

 

Topik perpajakan sektor publik membahas bagaimana pemerintah mengelola penerimaan pajak, memastikan kepatuhan wajib pajak, dan meningkatkan kontribusi pajak terhadap pembangunan daerah.

 

  1. Pengaruh Edukasi Pajak, Literasi Digital, dan Sistem E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi
  2. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pajak di Sektor Publik
  3. Pengaruh Sosialisasi Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Daerah
  4. Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Perpajakan dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah
  5. Analisis Hubungan Antara Pemahaman Pajak dan Kepatuhan Aparatur Pemerintah Daerah
  6. Pengaruh Transparansi Pengelolaan Pajak Terhadap Kepercayaan Publik dan Kepatuhan Pajak
  7. Studi Tentang Efektivitas Program Insentif Pajak terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Daerah
  8. Analisis Penerapan E-Filing dan E-Billing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan
  9. Evaluasi Peran Audit Pajak dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi
  10. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Pajak terhadap Peningkatan Kepatuhan Pajak di Pemerintah Daerah
  11. Analisis Dampak Kebijakan Pemutihan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Daerah
  12. Studi Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Pengawasan Pajak Sektor Publik
  13. Evaluasi Pengelolaan Pajak Kendaraan Bermotor dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah
  14. Analisis Pengaruh Kepatuhan Pajak Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Pemerintah Daerah
  15. Pengaruh Sistem Administrasi Pajak Terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Daerah
  16. Studi Tentang Implementasi Digitalisasi Pajak dan Dampaknya pada Kepatuhan Wajib Pajak
  17. Analisis Pengaruh Penegakan Hukum Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dan Badan
  18. Evaluasi Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah
  19. Pengaruh Sosialisasi dan Edukasi Pajak Terhadap Kesadaran Wajib Pajak di Sektor Publik
  20. Analisis Kepatuhan Pajak dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya pada Wajib Pajak Badan
  21. Studi Tentang Implementasi Sistem E-Billing Terhadap Akurasi dan Kepatuhan Pajak
  22. Evaluasi Peran Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Pajak Daerah untuk Meningkatkan Penerimaan
  23. Analisis Pengaruh Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Sektor Publik
  24. Studi Tentang Hubungan Literasi Pajak dan Pemanfaatan Sistem Online Terhadap Kepatuhan Pajak
  25. Pengaruh Pengelolaan Pajak dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kontribusi Pajak untuk Pembangunan Daerah

 


 

Cek juga:

 

 


 

Tips Memilih Judul Skripsi Akuntansi Sektor Publik yang Menarik

 

Judul Skripsi Akuntansi Sektor Publik

Sumber: Freepik

 

Biar kamu nggak salah arah, pemilihan judul skripsi akuntansi sektor publik sebaiknya dipikirkan matang-matang, mulai dari topik yang diminati sampai ketersediaan data untuk penelitian.

 

Nah, ini dia beberapa tips memilih judul skripsi akuntansi sektor publik yang menarik:

 

  • Sesuaikan dengan minat kamu: Pilih topik yang benar-benar kamu suka atau kuasai supaya motivasi meneliti tetap tinggi sampai skripsi selesai.
  • Perbanyak referensi: Cari jurnal, skripsi terdahulu, atau buku terkait akuntansi sektor publik untuk memahami tren penelitian dan menemukan celah penelitian (gap analysis).
  • Kembangkan dari penelitian lama: Kamu bisa menambahkan variabel baru, memakai metode berbeda, atau studi kasus di lokasi lain seperti pemerintah daerah, BUMN, atau lembaga nirlaba.
  • Cari isu terkini: Amati masalah hangat terkait keuangan publik, transparansi, atau good governance dari media terpercaya untuk membuat topik lebih relevan.
  • Diskusi dengan dosen atau senior: Minta masukan dan arahan agar ide penelitian lebih matang dan layak untuk dijadikan skripsi.
  • Pertimbangkan ketersediaan data: Pastikan data yang dibutuhkan mudah diakses, misalnya laporan keuangan pemerintah, data BPS, atau hasil audit BPK.
  • Fokus dan spesifik: Hindari judul terlalu umum; buat judul yang jelas menggambarkan isi penelitian, variabel, dan lokasi studi kasus.
  • Gunakan bahasa yang mudah dimengerti: Meski topik teknis, judul tetap harus sederhana dan jelas agar pembaca langsung paham inti penelitianmu.
  • Pilih metode yang realistis: Sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang ada, misalnya menggunakan analisis kuantitatif sederhana atau studi kasus, agar skripsi tetap bisa selesai tepat waktu.
  • Pertimbangkan nilai tambah penelitianmu: Pilih topik yang hasilnya bisa bermanfaat untuk praktik akuntansi sektor publik atau kebijakan pemerintah, supaya skripsimu punya kontribusi nyata.

 

FAQ

1. Akuntansi Sektor Publik Mencakup Apa Saja?

 

Akuntansi sektor publik mencakup pencatatan, pengelolaan, dan pelaporan keuangan yang dilakukan oleh pemerintah dan organisasi nirlaba, supaya dana publik dikelola secara transparan dan akuntabel. Secara umum, ada dua jenis utama:

 

  • Akuntansi Pemerintah: Fokus pada pengelolaan dan pelaporan keuangan pemerintah, baik di tingkat pusat, daerah, maupun lembaga publik yang dibiayai pemerintah.
  • Akuntansi Sosial: Mencatat kegiatan keuangan organisasi nirlaba seperti partai politik, rumah sakit, LSM, dan BUMN, untuk menunjukkan transparansi dan tanggung jawab sosial.

 

2. Berapa Lama Skripsi Akuntansi Sektor Publik Selesai?

 

Skripsi akuntansi sektor publik biasanya selesai dalam 1 semester (sekitar 6 bulan) setelah proposal disetujui. Dengan manajemen waktu dan strategi yang matang, bisa selesai lebih cepat (3 bulan), atau bisa lebih lama maksimal 12 bulan (2 semester) tergantung kebijakan kampus dan progres mahasiswa.

 

3. Apakah Bisa Bikin Skripsi Sambil Magang di Instansi Pemerintah?

 

Ya, sangat bisa! Bahkan, sebenarnya banyak program akademik di Indonesia, terutama yang menerapkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), secara aktif mendorong integrasi antara pengalaman magang (yang diakui sebagai SKS) dan tugas akhir seperti skripsi. Jadi, banyak mahasiswa memanfaatkan pengalaman magang untuk data penelitian.

 

4. Apakah Skripsi Akuntansi Sektor Publik Sulit?

 

Skripsi akuntansi sektor publik memiliki tantangan tersendiri, tapi bukan berarti sulit secara mutlak. Beberapa hal yang membuatnya menantang antara lain akses data, peraturan yang kompleks, dan fokus pada sektor publik:

 

  • Akses Data Terbatas: Data pemerintah atau lembaga publik kadang sulit diperoleh.
  • Perbedaan Standar dengan Sektor Swasta: Metode pelaporan dan regulasi berbeda, sehingga butuh pemahaman khusus.
  • Isu Regulasi dan Kinerja Publik: Menuntut mahasiswa memahami kebijakan penganggaran, akuntabilitas, dan kinerja lembaga.
  • Relevansi dan Manfaat Tinggi: Meskipun menantang, penelitian ini menarik karena menyoroti transparansi dan akuntabilitas dana publik.

 

Siap Bikin Skripsimu Jadi Lebih Mudah? Yuk, Kuliah Aja di Universitas Cakrawala!

 

Jadi, itulah beberapa referensi contoh judul skripsi akuntansi sektor publik lengkap dengan tips memilihnya.

 

Kalau kamu ingin kuliah di kampus yang mendukung penuh proses akademikmu, mulai dari akses literatur, bimbingan akademik, hingga pendampingan penelitian oleh dosen praktisi, Program Studi S1 Akuntansi Universitas Cakrawala bisa jadi langkah tepat.

 

Banner-Akuntansi

 

Berikut beberapa hal yang membuat kuliah di Universitas Cakrawala berbeda dari kampus lain:

 

  • Fasilitasi Penyaluran Kerja: Terhubung dengan lebih dari 1.000 perusahaan mitra di sektor keuangan, perbankan, konsultan, manufaktur, FMCG, hingga perusahaan multinasional.
  • Kampus Siap Kerja: Pembelajaran dirancang agar lulusan siap bersaing secara profesional sejak hari pertama bekerja.
  • Magang Sejak Semester Pertama: Mahasiswa langsung terjun ke dunia kerja melalui magang di perusahaan, kantor akuntan, atau divisi keuangan.
  • Kurikulum Berbasis Industri: Materi dirancang bersama praktisi dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja yang terus berkembang.
  • Dosen Praktisi: Belajar langsung dari profesional yang berpengalaman di bidang akuntansi, audit, perpajakan, dan sektor publik.

 

Menarik banget, kan? Yuk, langsung daftar atau konsultasi gratis di sini untuk tahu program dan fasilitas di Universitas Cakrawala. Mulai perjalanan akademikmu dan banggun karier di bidang akuntansi sekarang juga!

Banner Picture

Kategori:

School of Economics and Business

Cakrawala

Share

Penulis

Rahmawati

Rahmawati adalah SEO Content Writer dengan satu tahun pengalaman dalam menulis konten. Dari pengalamannya, Ia senang menciptakan artikel yang informatif untuk audiens di berbagai industri, mulai dari edukasi, media, finansial, hingga otomotif.

Reviewer Expert

Dwi Winarno, S.E., M.B.A., CIFM

Dwi Winarno, S.E., M.B.A., CIFM adalah Kepala Program Studi Finance di Universitas Cakrawala, dengan pengalaman sebagai praktisi penasihat investasi di pasar modal sejak tahun 2017. Beliau menyelesaikan gelar Magister Manajemen (MBA) di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan saat ini sedang menempuh studi doktoral (Ph.D.) di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan fokus pada bidang finance. Dwi Winarno juga telah meraih berbagai prestasi di dunia pasar modal, di antaranya sebagai juara Indosat Stock Trading Competition 2017 dan CIMB ASEAN Stock Challenge 2016.

Logo Cakrawala Black

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.