Program Studi
Program studi ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi di bidang Bisnis Digital dengan menekankan peningkatan keterampilan dalam perencanaan, pengembangan, manajemen, analisis, dan evaluasi dalam konteks bisnis. Kurikulum disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan industri dan berkomitmen menyediakan solusi relevan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
Jelajahi berbagai aspek Bisnis Digital, termasuk Manajemen, Akuntansi, Ekonomi, Kepemimpinan, Pemasaran dan Pemasaran Digital, Perilaku Konsumen, Start Up, E-Bisnis, Fintech, Bisnis Internasional, Inovasi dan Pengembangan Produk, Keamanan Siber, Pengembangan Komunitas, dan E-Commerce.
Daftar Mata Kuliah
Semester 1
MPK Agama
Bahasa Inggris
Dasar Informasi dan Teknologi
Pengantar Manajemen dan Bisnis
Pengantar Akuntansi
Matematika Bisnis I
Statistika Bisnis
Semester 2
Bahasa Indonesia
Design Thinking
Prinsip Ekonomi
Akuntansi Finansial
Matematika Bisnis II
Hukum dan Etika Bisnis
Marketing Management
Semester 3
Pendidikan Pancasila
Tata Tulis Karya Ilmiah
Perilaku Konsumen
Dasar Manajemen Keamanan Siber
Pengambilan Keputusan
Digital Marketing
Desain Website
Manajemen Modal Insani
Semester 4
Kewarganaegaraan
Teknik Presentasi
Manajemen Inovasi dan Pengembangan Produk
Manajemen Resiko
Intro to Start Up
Transaksi Digital dan Fintech
Analisis Bisnis dan Big Data
Semester 5
Kewirausahaan
Metodologi Penelitian
Manajemen Operasi
Studi Kelayakan Bisnis
Pemodelan dan Analisis E-Bisnis
Elektif
Semester 6
Community Development
Perilaku Organisasi
E-Commerce
Analisis Sosial Media
Manajemen Rantai Pasok
Manajemen Stratejik
Semester 7
Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Elektif
Semester 8
Tugas Akhir II
Lulusan dari jurusan Bisnis Digital diproyeksikan dapat menjadi pencetak bisnis-bisnis yang tangguh dan handal atau professional yang dapat diandalkan.
Marketing Analyst
Financial Analyst
Digital Marketer
Startup Entrepreneur
Startup Consultant
Aspek Sikap (S)
S1
Menunjukkan sikap religius dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
S2
Menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika serta dapat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
S3
Bekerja sama dan menunjukkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S4
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila
S6
Menunjukkan bentuk penghargaan terhadap keanekaragaman agama, kepercayaan, pandangan dan budaya, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S7
Menaati ketentuan hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S9
Menunjukkan internalisasi norma, nilai, dan etika akademik
S10
Menunjukkan internalisasi kejuangan, kewirausahaan, dan semangat kemandirian
S11
Memiliki integritas, kredibilitas, dan etos kerja yang tinggi serta bertanggung jawab
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Bloom's Taxonomy ranah sikap & Visi misi Prodi/Universitas
Aspek Pengetahuan (P)
P1
Memadukan konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya
P2
Mengaitkan konsep teoritis ekonomi secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam
P3
Menguraikan konsep ilmu ekonomi yang terdiri dari manajemen, sumber daya manusia, keuangan, dan operasi
P4
Memproyeksikan konsep ilmu ekonomi termasuk perencanaan, penciptaan, pengembangan, dan pemodelan usaha Secara umum
P5
Menghubungkan penerapan keilmuan ekonomi dalam penciptaan dan pengembangan usaha baru
P6
Mengambil kebijakan ekonomi yang tepat berdasarkan olahan dan analisis data
P7
Mengoperasikan aplikasi pengolah data, desain dan aplikasi digital lainnya
P8
Merinci dasar ilmu matematika dan statistika bisnis
P9
Membenarkan kode etik profesi di bidang ekonomi dan keuangan
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Bloom's Taxonomy ranah pengetahuan & Visi misi Prodi/Universitas
Aspek Keterampilan Umum (KU)
KU1
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keahlian dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
KU2
Menunjukkan kinerja bermutu, terukur, dan mandiri
KU3
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah sesuai dengan keahliannya dalam rangka menghasilkan gagasan atau solusi
KU4
Mendeskripsikan hasil kajian tersebut di atas secara saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5
Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya
KU6
Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, pembimbing, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7
Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok
KU8
Mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
KU9
Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, profil lulusan, Bloom's Taxonomy ranah keterampilan & Visi misi Prodi/Universitas
Aspek Keterampilan Khusus (KK)
KK1
Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan di bidang ekonomi dan keuangan dalam berbagai aspek Secara inovatif dan kreatif
KK2
Menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyelesaikan masalah
KK3
Memainkan jiwa kewirausahaan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat
KK4
Mendesain solusi permasalahan data dengan metode yang tepat
KK5
Membuat rencana keuangan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis/pelanggan
KK6
Membuat Strategi pada level operasional suatu organisasi (Manajemen, keuangan, operasi, sumber daya manusia)
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, profil lulusan, Bloom's Taxonomy ranah keterampilan & Visi misi Prodi/Universitas
Visi
Menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan bisnis digital yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan dalam industri digital global.
Misi
Tujuan
Marketing Analyst: Bidang ini berkaitan dengan proses pengumpulan, analisis, dan pemahaman wawasan dari data perilaku konsumen dan kebiasaan pembeliannya. Marketing Analyst bertanggung jawab untuk mengidentifikasi target audiens, menganalisis performa situs web, serta merancang skenario yang potensial untuk keberhasilan kampanye pemasaran dan pengaruhnya terhadap penjualan.
Financial Analyst: Bidang ini bertanggung jawab atas pemantauan kinerja keuangan perusahaan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, menganalisis kinerja bisnis dan kondisi pasar untuk membuat proyeksi, serta memberikan laporan berkala berdasarkan data untuk mendukung manajemen dalam pengambilan keputusan taktis dan strategis.
Digital Marketer: Bidang ini berfokus pada pemasaran produk atau layanan perusahaan melalui berbagai saluran digital (secara daring). Digital Marketer bertanggung jawab dalam merancang strategi untuk mencapai target konsumen dengan fokus pada kampanye media sosial, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.
Startup Entrepreneur: Bidang ini berfokus dalam memulai dan mengembangkan sebuah Startup Company dengan memanfaatkan teknologi digital. Startup Entrepreneur perlu memahami proses jalannya bisnis mulai dari proses perencanaan, produksi, promosi, hingga pengembangannya.
Startup Consultant: Bidang ini berperan besar dalam fase awal sebuah perusahaan. Startup Consultant berkontribusi dalam usaha untuk mencapai hasil dan kesuksesan usaha bisnis baru, baik dari segi pemasaran, operasi, atau pendanaan. Startup Consultant juga dapat memenuhi berbagai posisi di perusahaan.