Program Studi
Program Studi Ilmu Komputer bertujuan untuk menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan dalam pembuatan dan pengembangan perangkat lunak serta sistem cerdas yang dapat mendukung kemajuan perusahaan.
Kurikulum dalam program studi Ilmu Komputer mencakup berbagai bidang ilmu, termasuk pemrograman, matematika, sistem komputer, jaringan, dan rekayasa perangkat lunak. Mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang luas dalam disiplin ilmu ini, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di dunia teknologi informasi yang terus berkembang.
Daftar Mata Kuliah
Semester 1
Agama
Bahasa Inggris
Pengantar Keilmuan Komputer
Matematika Diskrit
Pemrograman Dasar
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Kalkulus
Semester 2
Bahasa Indonesia
Pemrograman Berorientasi Objek
Algoritma dan Struktur Data
Sistem Operasi
Statistik
Semester 3
Pendidikan Pancasila
Aljabar Linear
Metode Numerik
Basis Data
Jaringan Komputer
Pemrograman Web
Semester 4
Kewarganegaraan
Etika Profesi
Kecerdasan Buatan
Keamanan Informasi
Desain dan Analisis Algoritma
Analisis dan Perancangan Sistem
Elective
Semester 5
Kewirausahaan
Metodologi Penelitian dan Penulisan Ilmiah
Sistem Multimedia
Elective
Semester 6
Rekayasa Perangkat Lunak
Pembelajaran Mesin
Pemrograman Sistem Interaktif
Sistem Pengenalan Pola
Interaksi Manusia dan Komputer
Semester 7
Elective
Praktik Kerja Lapangan
Semester 8
Tugas Akhir
Software Engineer
Software Tester
Front-end Developer
Back-end Developer
System Analyst dan System Integrator
Konsultan IT
Game Developer
Aspek Sikap (S)
S1
Menunjukkan sikap religius dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
S2
Menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika serta dapat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
S3
Bekerja sama dan menunjukkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S4
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila
S6
Menunjukkan bentuk penghargaan terhadap keanekaragaman agama, kepercayaan, pandangan dan budaya, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S7
Menaati ketentuan hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S9
Menunjukkan internalisasi norma, nilai, dan etika akademik
S10
Menunjukkan internalisasi kejuangan, kewirausahaan, dan semangat kemandirian
S11
Memiliki integritas, kredibilitas, dan etos kerja yang tinggi serta bertanggung jawab
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Bloom's Taxonomy ranah sikap & Visi misi Prodi/Universitas
Aspek Pengetahuan
P1
Menguasai konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya
P2
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Ilmu Komputer secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam.
P3
Mempunyai pengetahuan dalam cara kerja sistem komputer dan mampu merancang serta mengembangkan berbagai metode untuk memecahkan suatu masalah.
P4
Menguasai teori dan konsep matematika serta mampu memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
P5
Menguasai dan memahami konsep bahasa pemrograman serta dapat mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman sehingga dapat menghasilkan solusi terbaik
P6
Membangun dan mengevaluasi perangkat lunak yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer
P7
Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi serta melakukan evaluasi kinerja pada sistem cerdas
P8
Memahami dan menerapkan kode etik profesi Ilmu Komputer
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Bloom's Taxonomy ranah pengetahuan & Visi misi Prodi/Universitas
Aspek Keterampilan Umum (KU)
KU1
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keahlian dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
KU2
Menunjukkan kinerja bermutu, terukur, dan mandiri
KU3
Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah sesuai dengan keahliannya dalam rangka menghasilkan gagasan, solusi dan desain.
KU4
Mendeskripsikan hasil kajian tersebut di atas secara saintifik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5
Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya
KU6
Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, pembimbing, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7
Melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok
KU8
Mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
KU9
Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, profil lulusan, Bloom's Taxonomy ranah keterampilan & Visi misi Prodi/Universitas
Aspek Keterampilan Khusus (KK)
KK1
Memanfaatkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang Ilmu Komputer dalam berbagai aspek secara inovatif dan kreatif
KK2
Merancang dan menganalisa algoritma untuk menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien
KK3
Mengolah data menjadi informasi baru yang bermanfaat dengan menggunakan pemodelan dan penyimpanan data yang efektif dan efisien
Sumber Acuan
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, profil lulusan, Bloom's Taxonomy ranah keterampilan & Visi misi Prodi/Universitas
Visi
Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan ilmu komputer yang menghasilkan pemimpin teknologi yang inovatif, kreatif, dan mampu mengatasi tantangan teknologi abad ke-21.
Misi
Tujuan
Software Engineer: Bidang teknologi ini bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara perangkat lunak atau aplikasi komputer. Mereka juga berperan dalam memecahkan masalah teknis dan memberikan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi sistem dan aplikasi.
Software Tester: Bidang teknologi ini bertanggung jawab dalam melakukan pengujian perangkat lunak atau aplikasi yang dikembangkan untuk memastikan kinerjanya sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan pengguna
Front-End Developer: Bidang ini berfokus dalam merancang dan mengembangkan tampilan antarmuka pengguna pada aplikasi perangkat lunak. Tampilan antarmuka pengguna adalah komponen utama dari aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi tersebut, sehingga seorang Front-end Developer perlu memastikan bahwa tampilan antarmuka pengguna dapat diakses dengan mudah, fungsional, dan menarik.
Back-End Developer: Bidang ini berfokus dalam mengembangkan sebagian server dari sebuah aplikasi perangkat lunak. Seorang Back-end Developer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa server aplikasi bekerja dengan baik, data dapat diakses dengan cepat dan aman, serta aplikasi dapat berkomunikasi dengan server lainnya atau dengan basis data.
System Analyst dan System Integrator: Bidang teknologi ini bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara sistem informasi. Mereka menganalisis kebutuhan pengguna dan organisasi, serta merancang solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Konsultan IT: Bidang teknologi ini bertanggung jawab dalam melakukan analisis kebutuhan bisnis dan teknologi, memberikan saran dan rekomendasi teknis kepada klien atau organisasi, mengembangkan dan merancang solusi teknologi, serta membantu dalam mengimplementasikan solusi teknologi yang tepat.
Game Developer: Bidang teknologi ini bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan permainan video, baik untuk komputer maupun perangkat seluler.