Oleh Universitas Cakrawala
•
31 December 2024
Desain logo dalam suatu bisnis memiliki peran penting sebagai identitas yang mendukung kelangsungan usaha. Logo perusahaan atau bisnis akan memberikan informasi kepada pelanggan tentang identitas tersebut. Selain itu, logo yang digunakan juga sering kali dapat membuat perusahaan atau bisnis menjadi terkenal atau ikonik sebagai merek produk tertentu.
Logo merupakan gambar atau ilustrasi yang dirancang untuk memperkenalkan suatu merek, perusahaan, wilayah, atau organisasi. Proses pembuatan konsep desain logo bagi perusahaan bertujuan untuk meningkatkan daya tarik di mata masyarakat. Oleh karena itu, konsep desain logo yang efektif sangat penting untuk produk yang telah dibuat, dengan tujuan menarik perhatian calon pembeli dan investor agar tertarik untuk menginvestasikan dana yang lebih banyak, serta lebih diminati oleh publik.
Beberapa logo telah mengadopsi teknik yang dikenal sebagai Visual Double Entendre, yang menggabungkan dua gambar menjadi satu melalui konsep atau ide yang kreatif. Sebagai contoh, ada logo yang menyerupai paku yang melambangkan lokasi atau tempat, namun juga memberikan kesan sebuah gelas anggur yang terbalik.
Penggunaan teknik desain seperti ini mampu menghasilkan ide yang menarik dan mengesankan. Banyak orang menikmati tantangan kecil yang ditawarkan oleh desain semacam ini, yang membuat mereka lebih menghargai karya desain tersebut.
Palet warna selalu menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam konsep desain logo. Sesungguhnya, pemilihan warna bukanlah keputusan yang sederhana, karena warna memiliki makna tersendiri dan mampu mengkomunikasikan berbagai ide.
Namun, terkadang Anda juga harus mengikuti warna yang telah ditetapkan oleh merek produk Anda. Meski begitu, ada kalanya Anda diberikan kebebasan untuk bereksperimen dengan warna-warna baru.
Desain logo selalu berkembang dengan berbagai tren setiap tahunnya. Namun, penting untuk berpikir kritis dan menghindari penggunaan ide yang sama berulang-ulang. Pola dasar sebuah logo seringkali mudah ditemukan di mana saja, yang menimbulkan pertanyaan, mengapa sebuah konsep desain logo tidak mencerminkan ide orisinal?
Jawabannya adalah lebih baik menciptakan sesuatu yang baru daripada meniru karya orang lain. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari klise dalam desain dan lebih banyak mengeksplorasi ide-ide Anda sendiri, menuangkan kreativitas yang ada dalam pikiran Anda ke dalam desain.
Daripada mengikuti kelompok dan menggunakan desain klise, lebih baik berusaha untuk menciptakan sesuatu yang unik dan mudah dikenali. Sebagai contoh, logo yang menyerupai kepala gajah mungkin tampak biasa saja pada pandangan pertama, tetapi jika dilihat lebih dekat, terdapat lekukan pada telinga gajah yang terlihat seperti lipatan kertas, menambah unsur kreatif yang menarik.
Jika Anda bekerja dengan subjek yang unik, kemungkinan besar tidak ada yang dapat menciptakan logo dengan penilaian yang serupa. Hal ini juga berlaku untuk penggunaan huruf kustom. Jenis huruf kustom yang dipilih tentu akan membantu Anda mengevaluasi apakah logo terlihat menarik.
Namun, meskipun ada desainer yang bisa meniru jenis huruf tersebut dengan cepat, tetap dibutuhkan keterampilan khusus untuk menirunya dengan akurat. Yang perlu diingat adalah, meskipun logo Anda sudah terkenal, selalu ada pihak-pihak yang berusaha untuk menirunya.
Tidak semua orang bisa sukses di dunia bisnis hanya dengan desain yang menarik. Namun, jika Anda tidak setuju dengan pendapat ini, jangan ragu untuk melangkah maju, karena sebenarnya tidak ada yang menghalangi Anda untuk menciptakan logo yang luar biasa.
Yang penting, ingatlah bahwa kesederhanaan dalam desain logo yang kuat dapat membuka jalan untuk sukses di dunia bisnis, dan membuktikan bahwa untuk dikenal secara global, tidak perlu menggunakan elemen yang berlebihan atau rumit.
Seringkali, perdebatan mengenai proporsi dan simetri dalam desain menjadi perhatian utama. Sebagai contoh, dalam logo Twitter, meskipun lingkaran tidak secara langsung menggambarkan burung, lingkaran tersebut justru berfungsi sebagai panduan untuk menciptakan keseimbangan, dengan kurva dan busur yang konsisten dalam desain logo.
Konsep ruang negatif, yang sering kali mengandung makna ganda, adalah trik desain cerdas yang telah digunakan sejak lama. Teknik ini terlihat jelas dalam logo perusahaan ekspedisi seperti FedEx, di mana tanda panah tersembunyi antara huruf E dan X.
Walaupun banyak yang sudah sering melihatnya, tidak semua orang menyadari keberadaan panah tersebut, meskipun itu sudah tertanam dalam desain logo yang sederhana namun efektif.
Penjelasan di atas merupakan serangkaian pembahasan mengenai konsep design logo jika kamu ingin belajar lebih jauh mengenai cara mempelajari tentang design logo kamu bisa mendaftarkan diri menjadi bagian dari Cakrawala University.
Cakrawala University akan memberikan pembelajaran mulai dari awal sampai kamu bener-bener mahir dan paham dong tentunya! Yuk sekarang juga, daftarkan diri kamu menjadi bagian (Cakrawala University)!
Baca Juga:
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
Rahmawati
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya
Alifia Kamila
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023