Oleh Universitas Cakrawala
•
10 July 2024
Di era digital yang serba cepat seperti sekarang, iklan online menjadi salah satu elemen penting dalam strategi marketing. Iklan online memungkinkan pelaku bisni untuk menjangkau audience yang lebih luas sekaligus relevan. Tentunya, ini akan membuka peluang meningkatkan keuntungan untuk bisnis.
Masalahnya, kini iklan begitu banyak bermunculan dan malah mengganggu pengguna. Banyak kemudian orang tidak suka jika ada iklan yang muncul ketika mereka sedang mengonsumsi suatu konten.
Maka dari itu, iklan online harus tepat sasaran agar dapat menjangkau target yang relevan. Sehingga, iklan dapat berjalan dan efektif dan mendatangkan keuntungan.
Lantas bagaimana cara agar iklan online dapat bekerja dengan efektif? Simak penjelasannya pada artikel ini!
Iklan online atau online advertising adalah proses mempromosikan produk, layanna, atau pesan melalui platform dan jaringan internet.
Dalam era digital, iklan online menjadi elemen yang krusial dalam strategi marketing. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang menghabiskan waktu secara online.
Iklan online dapat muncul dalam berbagai bentuk. Mulai dari iklan yang muncul pada situs web, iklan yang muncul saat menggunakan melakukan pencarian di Google, atau iklan di media sosial Facebook, Instagram, dan TikTok.
Platform iklan online memungkin konten dilihat oleh lebih banyak audience. Biasanya, pengiklan dapat menargetkan iklan mereka berdasarkan aspek geografis, minta, demografi, dan kata kunci tertentu.
Dengan begitu, iklan online dapat menyampaikan konten atau pesan kepada target audience yang relevan. Tentunya, ini juga dapat meningkatkan peluang konversi dan keberhasilan marketing campaign melalui iklan online.
Tak sebatas itu, iklan online juga menawarkan berbagai manfaat lainnya untuk bisnis. Kamu dapat memahami apa saja manfaat iklan online untuk bisnis pada bagian berikut ini!
Baca Juga: Perbedaan Google Ads dan Google Adsense yang Harus Kamu Tahu
Berikut adalah beberapa manfaat utama dari iklan online untuk bisnis:
Internet mencapai berbagai belahan dan sudut dunia, iklan online memungkinkan bisnis untuk menjangkau audience yang global. Iklan online tentunya dapat diakses oleh jutaan orang di berbagai wilayah dan negara. Hal ini akan membuka peluang untuk memperluas pasar dan potensi pertumbuhan bisnis. Selain itu, dengan riset interest, bisnis dapat mengidentifikasi target pasar yang lebih tepat dan relevan.
Salah satu keunggulan utama iklan online adalah fitur target audience yang dimilikinya. Menggunakan fitur ini, pengiklan bisa menargetkan audience dengan spesifik berdasarkan demografi, preferensi, ataupun habit mereka. Menargetkan audience ini bertujuan untuk menampilkan iklan hanya kepada orang-orang yang relevan dengan produk yang ditawarkan. Pada akhirnya, ini akan membantu meningkatkan efisiensi campaign dan menghindari over budget dalam anggaran iklan. Dengan bantuan riset interest, pengiklan dapat lebih memahami minat dan kebutuhan audience, serta dengan sewa akun whitelist, iklan dapat mencapai target yang lebih luas dan spesifik.
Iklan online seperti Facebook Ads dilengkapi dengan analytics tools atau alat analitik yang kuat untuk mengukur kinerja iklan. Dengan tools tersebut, pengiklan dapat melihat jumlah klik, konversi, engagement rate, dan berbagai data lainnya. Data-data tersebut dapat dianalisis untuk menghasilkan informasi dalam memahami seberapa efektif marketing campaign yang telah dilakukan. Melalui riset interest, data yang dihasilkan juga dapat lebih akurat dan berguna untuk perencanaan strategi iklan di masa mendatang. Selain itu, memahami biaya Meta Ads juga penting untuk mengoptimalkan budget dan memastikan ROI yang maksimal.
Salah satu keunggulan iklan online adalah memungkinkan kamu untuk membuat iklan dalam format yang kreatif dan inovatif. Pengiklan dapat dengan bebas menggunakan gambar, video, teks, ataupun elemen multimedia lainnya. Dengan iklan yang menarik dan unik, tentunya akan menarik perhatian pengguna sekaligus bisa memberi ciri khas bisnis dibandingkan kompetitor. Melalui riset interest, pengiklan dapat mengetahui preferensi audience dan menciptakan iklan yang lebih sesuai dengan minat mereka. Penggunaan sewa akun whitelist juga dapat membantu dalam menampilkan iklan pada platform yang lebih aman dan terpercaya, sehingga meningkatkan kepercayaan audience.
Iklan pencarian adalah iklan yang memanfaatkan mesin pencarian (search engine) sebagai media yang digunakan untuk memasang iklan.
Anda biasanya akan menjumpai contoh iklan ini saat Anda mengetikkan kata kunci yang relevan dengan jenis iklan yang dipasang.
Iklan ini dapat muncul di bagian paling atas dari hasil pencarian sebagai rekomendasi yang diberikan oleh mesin pencarian sesuai kata kunci. Namun juga dapat muncul di bagian tengah atau bagian bawah dari hasil pencarian.
Iklan media sosial merupakan jenis iklan yang menggunakan platform media sosial sebagai media untuk menyebarkan melakukan promosi.
Misalnya dengan membuat konten di Instagram, Facebook, YouTube, Twitter dan media sosial lainnya sesuai dengan target sasaran yang dibutuhkan oleh bisnis.
Dibutuhkan konten yang menarik untuk memasang ads pada jenis iklan ini. Semakin menarik konten yang Anda buat, maka semakin luas juga jangkauan iklan tersebut.
Iklan e-mail adalah contoh iklan internet yang menggunakan teks sebagai bahan promosi yang dikirimkan melalui e-mail promotions.
Dalam membuat iklan ini, Anda harus menyiapkan bahan teks iklan yang menarik dan informatif. Namun tidak ada unsur paksaan untuk membeli sebuah produk.
Bahasa yang digunakan tetap persuasif tapi dengan ajakan yang sehalus mungkin.
Iklan bergambar merupakan jenis iklan yang berupa gambar atau tampilan display. Iklan ini akan muncul di halaman website atau blog.
Anda dapat bekerja sama dengan pemilik website tertentu atau blogger yang relevan dengan bisnis Anda untuk dapat memasang iklan bergambar pada halaman website atau blog mereka.
Contoh iklan ini dapat ditemui di website, media sosial dan media penampil gambar lainnya.
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
Rahmawati
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya
Alifia Kamila
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023