Oleh Universitas Cakrawala
•
03 November 2024
Terlihat sama dengan rangkaian tuga yang tak berbeda jauh, banyak orang yang tidak tahu perbedaan dari KOL dan influencer. Kedua opinion leader ini memang mempunyai pengaruh besar di dalam dunia pemasaran khususnya influencer marketing.
Influencer marketing sedang meledak dan makin banyak orang yang bermimpi untuk menjadi seorang influencer sukses di banyak platform. Hal ini muncul karena dalam influencer marketing, brand yang menggunakan jasa para influencer guna meningkatkan brand awareness dari merek perusahaan. Influencer merupakan orang yang membangun reputasi pada sebuah bidang sehingga opini mereka dianggap kredibel untuk topik tertentu. Beberapa influencer ada yang membeli followers atau subscribes pada akun sosial media mereka. Hal ini tentunya tidak luput dari perhatian konsumen serta brand yang lebih sigap untuk kasus seperti ini.
KOL sendiri pertama kali muncul di tiongkok dan mendapatkan momentum di dalam dunia influencer marketing. Sama dengan influencer KOL juga merupakan individu yang sukses membangun reputasi baik dalam bidang tertentu. Pengalaman dalam menciptakan sebuah pengetahuan yang tidak bisa dimiliki banyak orang. Hal ini membuat pendapat seorang KOL menjadi sumber terbaik untuk kredibilitas sebuah berita atau merek.
Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa KOL sama dengan influencer, Key Opinion Leader (KOL) dipercaya banyak orang karena keahlian yang dimilikinya, pengalamannya, serta profesionalitasnya. Selain itu, KOL juga tidak harus selalu muncul di media sosial, tetapi mereka bisa memanfaatkannya sebagai media untuk menyebarkan pesan kepada pengikutnya. Sedangkan influencer membangun kredibilitasnya sendiri dengan menonjolkan persona di media sosial serta konten yang mereka bagikan. Maka dari itu, influencer harus selalu aktif “menyapa” pengikutnya di media sosial. Menariknya, mereka bisa dianggap sebagai Key Opinion Leader oleh pengikutnya sendiri.
Tidak semua Key Opinion Leader bisa disebut sebagai influencer and vice versa. Banyak juga Key Opinion Leaders Key Opinion Leaders yang aktif dalam di media sosial karena kesibukannya di dunia nyata. Beberapa menganggapnya sebagai hal yang tidak berguna dan hanya membuang waktu saja, selain itu tidak ada tuntutan untuk mempunyai media sosial dengan ratusan ribu followers bagi mereka.
Perbedaan utama keduanya yaitu influencer menggunakan platform media sosial sebagai alat terbaik mereka guna melakukan promosi diri dan brand yang sudah menjalin kerjasama bersama. Konsep influencer dikembangkan menjadi populer di media sosial, KOL juga bergerak di media tradisional seperti televisi dan radio.
KOL cenderung tidak bisa menerima imbalan kompensasi setelah merekomendasikan produk yang berhubungan dengan profesi mereka. Influencer mempromosikan jasa atau produk bila memang kompensasi sudah disepakati di awal kontak. Ada beberapa influencer yang tidak menerima imbalan sama sekali tapi sangat jarang.
Perbedaan mendasar lainnya yaitu antara KOL dan influencer merupakan motivasi yang mendorong audiens untuk mengikuti mereka. Influencer mempunyai komunitas pengikut yang merupakan hal penting pada mereka, alasan inilah yang membuat mereka merekomendasikan produk dan layanan kepada followers mereka. Keaslian dan juga kualitas konten yang mereka post bisa langsung menentukan dampak serta pengikut mereka. Pilar konten serta kualitas konten yang mereka post bisa langsung menentukan dampak dan juga pengikut mereka. Pilar konten dan kualitasnya menjadi sandaran kredibilitas dan identitas mereka sebagai seorang influencer. KOL tidak mencari keuntungan dari hal seperti ini, namun menganggapnya sebagai pelengkap kehidupan mereka sehari-hari.
Perbedaan utama lainnya yaitu antara kedua opinion leader yang merupakan cara dalam melakukan komunikasi dengan audiens mereka. KOL cenderung menjadi komunikator satu arah sedangkan untuk influencer merupakan komunikasi dua arah. Influencer cenderung terlibat dengan audiens mereka, sementara KOL jarang menanggapi kembali komentar tersebut atau saran yang diajukan oleh pengikutnya.
Bahkan ketika KOL merespons, kadang-kadang hanya melalui asisten pribadi atau manajer media sosial mereka.
Penjelasan di atas merupakan serangkaian perbedaan KOL dan influencer yang bisa kamu pelajari, jika kamu ingin belajar lebih jauh mengenai influencer kamu bisa mendaftarkan diri di jurusan bisnis digital Cakrawala University.
Cakrawala University akan memberikan pembelajaran mulai dari awal sampai kamu bener-bener mahir dan paham dong tentunya! Yuk sekarang juga, daftarkan diri kamu menjadi bagian (Cakrawala University)!
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
Rahmawati
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya
Alifia Kamila
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023