Apa Itu KOL, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Apa Itu KOL, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Oleh Universitas Cakrawala

03 November 2024

Article Image

Jasa KOL merupakan hal lumrah yang biasa dilakukan sekarang, bahkan banyak ahli digital marketing yang mengharuskan. Keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan sebanding dengan pengeluarannya. Pada perkembangan teknologi karena sudah ikut mengubah pola dan juga pemasaran. Baliho atau poster yang dipasang dijalan juga sudah mulai ditinggalkan, perusahaan lebih memilih menggunakan KOL di media sosial sebagai teknik pemasarannya. 

 

Key Opinion Leader alias KOL merupakan seseorang yang memiliki skill, pengetahuan maupun kemampuan dalam bidang tertentu pengaruhnya cukup besar. Setiap pendapatnya akan didengarkan oleh masyarakat, singkatnya KOL juga disebut sebagai pakar, profesional, atau spesialis yang dipercaya banyak orang. Pada umumnya KOL dipercaya karena pengetahuan maupun pengalaman dalam bidang tertentu, contohnya seorang penulis buku, fashion designer, dokter anak, psikolog, dan sebagainya. 

 

Apa Itu KOL (Key Opinion Leader)? 

Key Opinion Leader merupakan seorang individu yang mempunyai pengikut banyak dan berpengaruh pada platform media sosial seperti Instagram, TikTok, X, blog, dan lainnya. Pengaruh mereka tak hanya terbatas opini maupun gaya, namun juga pada keputusan pembelian para pengikutnya. Seorang KOL atau Key Opinion Leader mempunyai wawasan serta spesialisasi  pada bidang tertentu contohnya, kecantikan, teknologi, kuliner, gaya hidup, travelling, dan lainnya sebagainya. Berbeda dengan influencer, seorang KOL memiliki latar belakang pendidikan maupun pekerjaan di bidang yang sama atau berkaitan sehingga dianggap sebagai sumber referensi yang valid dan bisa diandalkan.

Jenis-jenis KOL (Key Opinion Leader)

KOL sendiri memiliki kategori masing-masing berdasarkan jumlah pengikut maupun platform yang mereka gunakan. Ini dia beberapa jenis KOL atau Key Opinion Leader berdasarkan jumlah pengikut di media sosial:

  1. Nano Influencer 

KOL atau Key Opinion Leader ini memiliki jangkauan audiens yang paling kecil dibandingkan jenis KOL atau Key Opinion Leader lainnya. Mereka dapat disebut sebagai Nano Influencer ketika memiliki minimal 1.000 sampai 10.000 pengikut.

  1. Micro Influencer

Satu tingkat di atas Nano InfluencerMicro Influencer memiliki jumlah pengikut mulai dari 10.000 hingga 100.000 orang. Biasanya, Micro Influencer memiliki pengetahuan lebih yang berkaitan dengan bidang atau topik tertentu yang sudah diakui oleh para pengikutnya.

  1. Macro Influencer 

Macro Influencer memiliki pengikut mulai dari 100.000 hingga 1.000.000 orang dan tentunya memiliki jangkauan audiens yang lebih luas lagi. Jumlah pengikut yang banyak membuat Macro Influencer memiliki tarif yang cukup tinggi dalam melakukan kerjasama.

  1. Mega Influencer

Mega Influencer memiliki pengikut paling banyak dibanding KOL atau Key Opinion Leader lainnya, yakni lebih dari 1 juta orang. Biasanya, KOL atau Key Opinion Leader dengan pengikut sebanyak ini juga berprofesi sebagai artis atau memiliki pengaruh dan pengikut secara nasional bahkan internasional.

Perbedaan KOL dan Influencer

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa KOL sama dengan influencer, Key Opinion Leader (KOL) dipercaya banyak orang karena keahlian yang dimilikinya, pengalamannya, serta profesionalitasnya. Selain itu, KOL juga tidak harus selalu muncul di media sosial, tetapi mereka bisa memanfaatkannya sebagai media untuk menyebarkan pesan kepada pengikutnya. Sedangkan influencer membangun kredibilitasnya sendiri dengan menonjolkan persona di media sosial serta konten yang mereka bagikan. Maka dari itu, influencer harus selalu aktif “menyapa” pengikutnya di media sosial. Menariknya, mereka bisa dianggap sebagai Key Opinion Leader oleh pengikutnya sendiri.

 

Tidak semua Key Opinion Leader bisa disebut sebagai influencer and vice versa. Banyak juga Key Opinion Leaders Key Opinion Leaders yang aktif dalam di media sosial karena kesibukannya di dunia nyata. Beberapa menganggapnya sebagai hal yang tidak berguna dan hanya membuang waktu saja, selain itu tidak ada tuntutan untuk mempunyai media sosial dengan ratusan ribu followers bagi mereka.

Manfaat KOL untuk bisnis

Key Opinion Leader dapat menjembatani bisnis yang kamu miliki dengan audience dan target pasar mereka. Tak hanya itu, manfaat lainnya dari bekerja sama dengan KOL atau Key Opinion Leader buat bisnis kamu adalah:

  1. Meningkatkan kesadaran merek atau pengetahuan tentang bisnis melalui eksposur yang didapat dari KOL (Key Opinion Leader) kepada para pengikutnya.
  2. Membangun kepercayaan audiens terhadap bisnis atau merek. Umumnya, audiens cenderung lebih percaya pada opini atau rekomendasi KOL yang mereka ikuti karena dianggap lebih jujur dan relevan.
  3. Menjangkau audiens sasaran secara efektif. Dengan memilih KOL yang tepat, kamu bisa mencapai target pasar dengan lebih efisien serta memperluas jangkauan audiens.
  4. Mendorong peningkatan penjualan produk. Pengaruh KOL terhadap pengikutnya sangat besar, termasuk dalam keputusan pembelian, yang berkontribusi pada peningkatan penjualan produk bisnis Anda.

 

Belajar mengenai pada bidang digital marketing khususnya KOL Specialist yang lebih dalam lagi, kamu bisa belajar dari dasar sampai mahir betul mengenai ransomware dengan menjadi siswa jurusan digital bisnis di Cakrawala University. Cakrawala University akan memberikan pembelajaran mulai dari awal sampai kamu bener-bener mahir dan paham dong tentunya! Yuk sekarang juga, daftarkan diri kamu menjadi bagian (Cakrawala University)!

 

Baca Juga : 

 

Register Banner

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan

Universitas Cakrawala

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan

Universitas Cakrawala

05 March 2025

Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji

Universitas Cakrawala

12 March 2025

10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!

Rahmawati

27 February 2025

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!

Rahmawati

17 November 2023

Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya

Alifia Kamila

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Logo Cakrawala Black

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.