Oleh Universitas Cakrawala
•
03 November 2024
Jasa KOL merupakan hal lumrah yang biasa dilakukan sekarang, bahkan banyak ahli digital marketing yang mengharuskan. Keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan sebanding dengan pengeluarannya. Pada perkembangan teknologi karena sudah ikut mengubah pola dan juga pemasaran. Baliho atau poster yang dipasang dijalan juga sudah mulai ditinggalkan, perusahaan lebih memilih menggunakan KOL di media sosial sebagai teknik pemasarannya.
Key Opinion Leader alias KOL merupakan seseorang yang memiliki skill, pengetahuan maupun kemampuan dalam bidang tertentu pengaruhnya cukup besar. Setiap pendapatnya akan didengarkan oleh masyarakat, singkatnya KOL juga disebut sebagai pakar, profesional, atau spesialis yang dipercaya banyak orang. Pada umumnya KOL dipercaya karena pengetahuan maupun pengalaman dalam bidang tertentu, contohnya seorang penulis buku, fashion designer, dokter anak, psikolog, dan sebagainya.
Key Opinion Leader merupakan seorang individu yang mempunyai pengikut banyak dan berpengaruh pada platform media sosial seperti Instagram, TikTok, X, blog, dan lainnya. Pengaruh mereka tak hanya terbatas opini maupun gaya, namun juga pada keputusan pembelian para pengikutnya. Seorang KOL atau Key Opinion Leader mempunyai wawasan serta spesialisasi pada bidang tertentu contohnya, kecantikan, teknologi, kuliner, gaya hidup, travelling, dan lainnya sebagainya. Berbeda dengan influencer, seorang KOL memiliki latar belakang pendidikan maupun pekerjaan di bidang yang sama atau berkaitan sehingga dianggap sebagai sumber referensi yang valid dan bisa diandalkan.
KOL sendiri memiliki kategori masing-masing berdasarkan jumlah pengikut maupun platform yang mereka gunakan. Ini dia beberapa jenis KOL atau Key Opinion Leader berdasarkan jumlah pengikut di media sosial:
KOL atau Key Opinion Leader ini memiliki jangkauan audiens yang paling kecil dibandingkan jenis KOL atau Key Opinion Leader lainnya. Mereka dapat disebut sebagai Nano Influencer ketika memiliki minimal 1.000 sampai 10.000 pengikut.
Satu tingkat di atas Nano Influencer, Micro Influencer memiliki jumlah pengikut mulai dari 10.000 hingga 100.000 orang. Biasanya, Micro Influencer memiliki pengetahuan lebih yang berkaitan dengan bidang atau topik tertentu yang sudah diakui oleh para pengikutnya.
Macro Influencer memiliki pengikut mulai dari 100.000 hingga 1.000.000 orang dan tentunya memiliki jangkauan audiens yang lebih luas lagi. Jumlah pengikut yang banyak membuat Macro Influencer memiliki tarif yang cukup tinggi dalam melakukan kerjasama.
Mega Influencer memiliki pengikut paling banyak dibanding KOL atau Key Opinion Leader lainnya, yakni lebih dari 1 juta orang. Biasanya, KOL atau Key Opinion Leader dengan pengikut sebanyak ini juga berprofesi sebagai artis atau memiliki pengaruh dan pengikut secara nasional bahkan internasional.
Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa KOL sama dengan influencer, Key Opinion Leader (KOL) dipercaya banyak orang karena keahlian yang dimilikinya, pengalamannya, serta profesionalitasnya. Selain itu, KOL juga tidak harus selalu muncul di media sosial, tetapi mereka bisa memanfaatkannya sebagai media untuk menyebarkan pesan kepada pengikutnya. Sedangkan influencer membangun kredibilitasnya sendiri dengan menonjolkan persona di media sosial serta konten yang mereka bagikan. Maka dari itu, influencer harus selalu aktif “menyapa” pengikutnya di media sosial. Menariknya, mereka bisa dianggap sebagai Key Opinion Leader oleh pengikutnya sendiri.
Tidak semua Key Opinion Leader bisa disebut sebagai influencer and vice versa. Banyak juga Key Opinion Leaders Key Opinion Leaders yang aktif dalam di media sosial karena kesibukannya di dunia nyata. Beberapa menganggapnya sebagai hal yang tidak berguna dan hanya membuang waktu saja, selain itu tidak ada tuntutan untuk mempunyai media sosial dengan ratusan ribu followers bagi mereka.
Key Opinion Leader dapat menjembatani bisnis yang kamu miliki dengan audience dan target pasar mereka. Tak hanya itu, manfaat lainnya dari bekerja sama dengan KOL atau Key Opinion Leader buat bisnis kamu adalah:
Belajar mengenai pada bidang digital marketing khususnya KOL Specialist yang lebih dalam lagi, kamu bisa belajar dari dasar sampai mahir betul mengenai ransomware dengan menjadi siswa jurusan digital bisnis di Cakrawala University. Cakrawala University akan memberikan pembelajaran mulai dari awal sampai kamu bener-bener mahir dan paham dong tentunya! Yuk sekarang juga, daftarkan diri kamu menjadi bagian (Cakrawala University)!
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya
Alifia Kamila
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023