Oleh Universitas Cakrawala
•
03 April 2024
Di tengah banyaknya produk digital dengan fitur dan layanan yang serupa, User Experience (UX) muncul sebagai pembeda. Hal ini terbukti dengan perbedaan signifikan dalam jumlah pengguna di antara platform yang menawarkan layanan serupa.
Ambil contoh dua marketplace. Marketplace A, dengan ukurannya yang lebih kecil, navigasi menu yang sederhana, dan desain yang konsisten, mampu menarik lebih banyak pengguna dibandingkan marketplace B yang terasa lambat dan memiliki navigasi menu yang tidak teratur.
Artikel ini akan mengupas tuntas definisi, manfaat, dan cara penerapan UX untuk bisnis. Yuk simak bersama-sama.
User Experience (UX) adalah konsep yang berfokus pada cara pengguna berinteraksi dengan produk atau layanan yang mereka gunakan. Proses desainnya bertujuan untuk menemukan cara yang paling mudah dan efisien bagi pengguna dalam memakai produk atau layanan tersebut.
Pada dasarnya, pengalaman pengguna memiliki peran yang krusial dalam angka penjualan dan tingkat keberhasilan produk atau layanan. Pengalaman pengguna yang baik akan menghasilkan konversi yang baik pula. Misalnya, ketika membuat website toko online, hal-hal yang perlu dioptimalkan dalam User Experience adalah bagaimana pelanggan bisa menemukan produk, membaca deskripsinya, dan melakukan transaksi dengan mudah.
User experience yang memudahkan pelanggan dalam menggunakan produk sejak awal mencobanya juga akan menciptakan kesan pertama yang baik, berpengaruh pada tingkat kepuasan dan loyalitas mereka.
User Experience yang baik akan meningkatkan kepuasan pengguna. Pengguna akan merasa senang dan puas ketika berinteraksi dengan produk atau layanan yang mudah digunakan, intuitif, dan efisien.
Pengalaman pengguna yang positif akan membuat pengguna lebih cenderung untuk kembali menggunakan produk atau layanan yang sama. Loyalitas pengguna berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang suatu produk.
User Experience yang baik dapat meningkatkan angka konversi, seperti penjualan produk atau pendaftaran pengguna. Pengguna yang merasa nyaman dan puas akan lebih mungkin untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mengisi formulir.
Desain yang memperhatikan User Experience akan mengurangi hambatan dan kesalahan yang dialami pengguna saat menggunakan produk. Pengguna akan lebih cepat dan efisien dalam mencapai tujuan mereka.
Produk atau layanan dengan User Experience yang baik akan mendapatkan reputasi yang positif. Pengguna akan berbicara baik tentang produk tersebut kepada orang lain, yang dapat meningkatkan citra merek.
Produk dengan User Experience yang unggul akan menonjol di pasar yang kompetitif. Pengguna akan lebih memilih produk yang memberikan pengalaman terbaik.
Jadi, User Experience bukan hanya tentang antarmuka yang cantik, tetapi juga tentang bagaimana pengguna merasa dan berinteraksi dengan produk secara keseluruhan. Fokus pada pengguna dalam proses desain akan membawa manfaat jangka panjang bagi produk atau layanan yang kamu kembangkan .
Mulailah dengan memahami siapa target pengguna kamu. Lakukan penelitian untuk mengidentifikasi kebutuhan, preferensi, dan masalah yang dihadapi oleh pengguna potensial. Mewawancarai pengguna, lakukan survei, dan analisis data untuk memahami konteks penggunaan produk.
Kumpulkan informasi tentang produk atau layanan yang akan kamu desain. Ini termasuk tujuan produk, fitur yang diinginkan, dan batasan-batasan yang ada.
Buat profil pengguna yang mendetail. Identifikasi karakteristik, perilaku, dan preferensi pengguna. Gunakan persona untuk membantu tim desain memahami pengguna secara lebih mendalam.
Buat prototipe produk atau layanan. Ini bisa berupa prototipe kertas, prototipe digital, atau bahkan prototipe fungsional. Uji prototipe dengan pengguna untuk mengumpulkan umpan balik dan memperbaiki desain.
Desain antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan. Pertimbangkan tata letak, navigasi, ikon, dan elemen visual lainnya. Pastikan konsistensi dalam desain antarmuka di seluruh produk.
Lakukan uji pengguna dengan melibatkan pengguna sebenarnya. Amati bagaimana mereka berinteraksi dengan produk. Identifikasi masalah dan perbaiki desain berdasarkan temuan dari uji pengguna.
Proses desain User Experience adalah iteratif. Terus perbaiki desain berdasarkan umpan balik pengguna dan evaluasi kinerja produk. Jangan takut untuk mengubah desain jika diperlukan.
Ingatlah bahwa User Experience bukan hanya tanggung jawab tim desain, tetapi juga melibatkan tim pengembangan, manajemen produk, dan pemangku kepentingan lainnya. Kolaborasi yang baik antara tim akan menghasilkan produk yang lebih baik bagi pengguna.
Jika kamu tertarik untuk mengejar karir di bidang Sistem Informasi, Universitas Cakrawala bisa menjadi pilihan yang menarik! Universitas ini menawarkan program yang relevan dan berkualitas.
Mari bergabung di Universitas Cakrawala dan temukan potensi kamu dalam mengembangkan teknologi yang inovatif. Ayo kuliah di Universitas Cakrawala dan raih masa depan yang cerah!
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
Rahmawati
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya
Alifia Kamila
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023