Oleh Universitas Cakrawala
•
02 August 2024
Bagi sebagian orang, terkadang sulit membedakan antara sales dan marketing. Keduanya memang saling berkaitan dan memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Namun ada perbedaan signifikan antara peran dan tanggung jawab masing-masing.
Mengetahui perbedaan sales dan marketing sangat penting untuk mengoptimalkan strategi bisnis serta memastikan bahwa setiap fungsi dapat berjalan efektif. Selain itu, sangat membantu perusahaan dalam merancang struktur organisasi yang lebih baik. Terkadang, keduanya dianggap sama bahkan digabungkan menjadi satu. Padahal sebenarnya memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda.
Yuk, simak perbedaan sales dan marketing sehingga kamu dapat memanfaatkannya dengan lebih baik!
Untuk dapat memahami perbedaannya, hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengetahui pengertian keduanya. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian sales dan marketing.
Sales merupakan aktivitas yang berfokus pada penjualan produk atau layanan kepada konsumen. Tim sales bertanggung jawab untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan potensial dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian.
Aktivitas sales melibatkan presentasi produk, negosiasi harga, dan penutupan penjualan. Sales biasanya bekerja dengan target dan berorientasi pada pencapaian angka penjualan dalam jangka pendek.
Marketing adalah sebuah proses yang lebih luas dan mendalam yang melibatkan identifikasi kebutuhan pasar, menciptakan produk yang sesuai, dan mempromosikannya kepada target audiens.
Tim marketing bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi yang mencakup riset pasar, perencanaan produk, branding, iklan, dan hubungan masyarakat. Tujuan utama dari marketing adalah membangun brand awareness dan menciptakan permintaan jangka panjang untuk produk atau layanan.
Berdasarkan pengertian di atas, tim sales biasanya berfokus pada individu atau kelompok kecil pelanggan dan berupaya untuk melakukan tranksaksi secepat mungkin. Pendekatan yang digunakan seringkali bersifat personal dan langsung, dengan tujuan untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.
Sales bisa dikatakan berperan sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan konsumen untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.
Berbeda dengan marketing yang memiliki pendekatan lebih strategis dan jangka panjang. Fokusnya yaitu pada pasar secara keseluruhan dan menciptakan strategi untuk menarik perhatian dan minat konsumen.
Aktivitas marketing mencakup analisis pasar, pengembangan produk, kampanye iklan, dan membangun citra brand yang kuat. Marketing bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan minat yang berkelanjutan terhadap produk atau layanan.
Sales lebih banyak menghadapi konsumen dengan mendatangi langsung ke lokasi calon konsumen atau menghubungi melalui telepon. Bahkan, beberapa tim sales harus melakukan pendekatan yang berbeda kepada tiap konsumen karena proses kerjanya berupa aktivitas langsung.
Sedangkan marketing lebih para proses pada melakukan penyediaan informasi yang lengkap untuk setiap produk atau layanan yang ditawarkan sales. Tugas utama marketing yaitu membangun kesadaran untuk para target konsumen sehingga produk atau layanannya bisa menjadi solusi atas keresahan mereka.
Ruang lingkup pekerjaan sales dan marketing bisa menggambarkan perbedaan di antara keduanya. Pekerjaan sales cenderung bersifat short term, sementara marketing memerlukan long term karena harus bisa menjaga relasi yang harmonis dengan para konsumen.
Perbedaan selanjutnya terletak pada strategi kerja yang dilakukan masing-masing. Tim marketing biasanya akan melakukan analisis SWOT, sedangkan sales tidak melakukannya. Sales lebih kepada pelacakan prospek atau strategi diskon.
Strategi yang dilakukan marketing selanjutnya yaitu melaksanakan tujuan pemasaran, berbeda dengan sales yang akan melakukan pertemuan dengan pelanggan. Dengan langsung menemui, maka sales memiliki kesempatan lebih besar untuk menarik minat pembeli.
Dengan strategi kerja dan jobdesk yang berbeda, tentu sales dan marketing menggunakan peralatan untuk bekerja yang berbeda pula. Tim marketing menggunakan media sosial untuk sarana promosi yang dapat mengunggah konten. Sedangkan sales memanfaatkan sosial media untuk strategi penjualan berbasis digital.
Marketing juga membutuhkan aplikasi manajemen proyek untuk menganalisis data atau aplikasi untuk membuat konten yang berkaitan dengan produk. Sedangkan sales lebih membutuhkan aplikasi yang mencatat hasil rapat, pertemuan, atau pembuat faktur penjualan.
Nah, itulah perbedaan antara sales dan marketing. Meskipun keduanya memiliki fokus dan pendekatan yang berbeda, namun mereka harus bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Dengan begitu, perusahaan dapat menciptakan strategi yang lebih efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
Ingin menjadi seorang marketer atau sales yang handal? Segera bergabung di Cakrawala University jurusan ekonomi dan Bisnis! Dengan kuliah di sini, kamu akan dibekali ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang sales dan marketing profesional.
Mempelajari strategi pemasaran terkini, menguasai teknik negosiasi yang efektif, dan membangun jaringan bisnis yang luas salah satu keuntungan yang akan kamu dapatkan.
Yuk, segera bergabung dengan Cakrawala University!
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023