Oleh Universitas Cakrawala
•
21 September 2024
Saat ini perusahaan tidak hanya memanfaatkan media sosial dan website untuk mempromosikan produk mereka, tetapi juga beralih dari metode iklan konvensional seperti TV, radio, atau billboard ke iklan online yang lebih efisien dan fleksibel.
Kelebihan iklan online dibandingkan iklan konvensional sangat banyak. Tidak hanya soal biaya, tapi juga kemampuan untuk menjangkau audiens lebih tepat dan terukur.
Di era dimana semua orang hampir selalu terhubung dengan internet, perusahaan dapat menggunakan iklan online untuk menargetkan pelanggan yang paling potensial. Berbeda dengan iklan konvensional yang menjangkau audiens secara luas namun kurang spesifik.
Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai kelebihan dari iklan online dibandingkan iklan konvensional untuk bisnis. Simak informasinya hingga selesai ya!
Kelebihan iklan online yaitu menggunakan jaringan internet sebagai media utamanya, sehingga tidak ada batasan dalam pendistribusian konten iklan. Iklan online bersifat luas tanpa batas, menyeluruh ke masyarakat global. Dengan cakupan lebih luas inilah yang membantu untuk menentukan jenis dan bentuk iklan menjadi bisa diperhitungkan sesuai target pasar yang diinginkan.
Iklan online juga menawarkan format yang lebih beragam sehingga memudahkan untuk menentukan konten yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa format iklan online yang bisa digunakan diantaranya berupa teks, poster, video, dan lain-lain. Format iklan ini menyesuaikan kebutuhan target pasar yang telah ditentukan, sehingga sangat memungkinkan untuk bisa mencapai tujuan iklan secara cepat dan tepat sasaran.
Salah satu yang paling diunggulkan dari iklan online yaitu biayanya yang relatif lebih murah dibandingkan iklan konvensional. berbeda dengan metode iklan konvensional yang membutuhkan biaya cukup besar, iklan online menawarkan fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran.
Ada beberapa macam untuk menjalankan iklan online, salah satunya kamu bisa menggunakan model pembayaran berbasis kinerja seperti pay-per-click (PPC), dimana kamu hanya membayar ketika pengguna mengklik iklan tersebut. Jadi bisa dikatakan bahwa anggaran iklan online menjadi lebih efisien dengan menghasilkan Return of Investment (ROI) yang lebih tinggi.
Iklan online menawarkan penargetan audiens yang lebih spesifik dengan menggunakan data demografis, minat, perilaku, dan lokasi. Hal ini memungkinkan untuk konten atau pesan iklan bisa ditampilkan kepada para pengguna yang paling tertarik dengan iklan tersebut, sehingga meningkatkan peluang konversi.
Keberadaan teknologi yang canggih ini digunakan dalam platform iklan online untuk terus mengoptimalkan kampanye berdasarkan respons audiens. Algoritma pembelajaran mesin yang menganalisis kinerja iklan bekerja secara real-time, sehingga dapat menyesuaikan dengan cepat untuk meningkatkan efektivitas kinerja iklan.
Iklan online memiliki kemampuan untuk mengukur dan menganalisis kinerja kampanye dengan lebih kuat dan akurasi yang tinggi. Beberapa platform iklan online menyediakan data tentang tayangan, klik, konversi, dan metrik-metrik lainnya yang membantu mengidentifikasi keberhasilan iklan.
Adanya metrik pengukuran dan analisis yang kuat di platform iklan online memungkinkan untuk mengoptimalkan kampanye yang berkelanjutan, dan membantu dalam pengambilan keputusan strategis untuk pengembangan produk dan strategi pasar secara keseluruhan.
Iklan online tidak hanya memberikan feedback selama menjalankan kampanye dan transaksi. Tetapi setelah transaksi selesai, perusahaan bisa tetap membuka akses untuk pelanggan agar melakukan transaksi lagi di masa mendatang.
Sebagai contoh, ketika perusahaan menyebarkan informasi sale kepada para pelanggan meskipun sudah menyelesaikan transaksi sebelumnya. Hal ini memungkinkan perusahaan bisa merasa dekat dengan para pelanggan dan menjalin hubungan yang baik untuk meningkatkan potensi pelanggan melakukan transaksi kembali.
Iklan online bisa dikatakan fleksibel karena memiliki pengaturan yang luas, mulai dari konsep, bentuk, jenis, dan segala sesuatunya bisa diatur sesuai kebutuhan target market. Sebuah kampanye iklan juga tidak pasti salam satu bentuk atau jenisnya, sifatnya fleksibel dan lebih terbuka terhadap perkembangan target market.
Iklan online memiliki keunggulan dengan pelacakan yang lebih mudah, mulai dari proses pengerjaan hingga teknik pemasarannya. Berbeda dengan iklan konvensional yang membutuhkan riset yang banyak, iklan online memungkinkan pelacakan dengan berbagai macam cara.
Nah, itulah berbagai kelebihan dari iklan online. Jadi, tidak heran semakin banyak perusahaan atau bisnis kecil yang beralih ke metode ini dibandingkan iklan konvensional. Selain hemat biaya iklan online juga menawarkan fleksibilitas, hasil yang terukur, serta kemampuan untuk menjangkau audiens lebih luas dan relevan.
Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang iklan online dan bagaimana cara mengoptimalkan iklan online untuk bisnis, bergabunglah dengan jurusan Bisnis Digital di Cakrawala University. Di sana, kamu akan belajar tentang strategi pemasaran digital yang inovatif dan efektif untuk menghadapi persaingan bisnis di era modern.
Jangan lewatkan kesempatan untuk membangun karir yang sukses di bidang digital marketing. Segera daftarkan dirimu ke Cakrawala University, sekarang juga!
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023