Apa Itu Feedback, Contoh dan Cara Penyampaiannya

Apa Itu Feedback, Contoh dan Cara Penyampaiannya

Oleh Universitas Cakrawala

31 December 2024

Article Image

Salah satu tahap penting dalam komunikasi adalah memberikan umpan balik atau feedback. Feedback merupakan istilah yang pertama kali dikenal dalam bidang komunikasi. Seiring waktu, istilah ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia bisnis.

Kamu juga memerlukan feedback untuk mengetahui apakah produk yang kamu jual diterima dengan baik oleh konsumen atau tidak. Agar dapat memanfaatkan feedback dengan tepat, artikel ini akan membahas pengertian, jenis-jenis, dan contoh-contohnya.

 

Baca Juga: Tips Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Apa Itu Feedback?

Feedback adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berasal dari gabungan kata "feed" yang berarti memberi, dan "back" yang berarti kembali. Jika digabungkan, keduanya menyatakan arti memberi kembali atau timbal balik. Secara sederhana, feedback merujuk pada proses di mana dua pihak saling memberikan tanggapan atau respons terhadap suatu isu atau topik tertentu.

Feedback sering ditemukan dalam berbagai konteks sehari-hari, terutama dalam dunia bisnis. Istilah ini mengacu pada respons atau reaksi yang diberikan seseorang kepada orang lain. Peran feedback sangat krusial bagi kelangsungan bisnis dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara optimal.

Secara umum, feedback berarti memberikan evaluasi terhadap suatu topik, yang dapat menimbulkan dampak baik atau buruk.

 

Contoh-contoh Feedback 

  1. Feedback Positif
    Feedback positif adalah respon yang diberikan oleh komunikan (penerima umpan balik) yang menunjukkan pemahaman dan keinginan untuk bekerja sama dengan komunikator (pemberi umpan balik) terkait suatu topik tertentu.

    Contoh sederhana adalah ketika seorang manajer pemasaran memberikan umpan balik kepada staf tentang kinerja yang belum memenuhi target. Para staf kemudian memberikan penjelasan mengenai hambatan yang dihadapi dan menyarankan langkah-langkah kepada manajer untuk membantu mencapai target yang telah ditentukan.

 

  1. Feedback Negatif
    Feedback negatif adalah tanggapan yang diberikan oleh komunikan yang menunjukkan ketidaksetujuan atau penolakan terhadap apa yang disampaikan oleh komunikator.

    Contohnya, komunikan yang tidak peduli dengan apa yang dikatakan oleh komunikator, menunjukkan sikap acuh tak acuh, atau bahkan bertindak bertentangan dengan harapan komunikator.

     

  2. Feedback Netral
    Feedback netral adalah tanggapan yang sulit untuk diinterpretasikan, karena tidak jelas apakah itu bernada positif atau negatif. Biasanya, ini terlihat dari respon komunikan yang tidak memberikan balasan, atau hanya diam tanpa ekspresi.

     

  3. Feedback Internal
    Feedback internal adalah respon yang berasal dari diri sendiri, di mana komunikator melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri setelah memberikan pesan kepada komunikan, sering kali dengan alasan atau pertimbangan pribadi.

     

  4. Feedback Eksternal
    Feedback eksternal adalah tanggapan yang diberikan oleh komunikan dalam bentuk ekspresi wajah, gerakan tubuh, suara, atau perilaku lain yang menunjukkan bagaimana komunikan merespons pesan yang disampaikan oleh komunikator.

 

 

Cara Penyampaian Feedback 

  1. Berikan Umpan Balik yang Jelas dan Terperinci
    Pastikan umpan balik yang diberikan disampaikan dengan jelas dan rinci agar komunikan mudah memahaminya. Saat menyampaikan feedback, usahakan pesan yang singkat, padat, dan mudah dipahami untuk menghindari kesalahpahaman.

     

  2. Sampaikan Secara Pribadi dan Tertutup
    Feedback bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dan memperkuat kelebihan yang ada. Sebaiknya, umpan balik, terutama yang bersifat negatif, disampaikan secara pribadi dan tertutup. Kritik sebaiknya diberikan secara langsung, bukan di depan orang lain.

     

  3. Ciptakan Suasana yang Nyaman Saat Memberikan Umpan Balik
    Saat memberikan tanggapan atau feedback, pastikan suasana yang tercipta kondusif dan nyaman bagi semua pihak. Hindari mengungkapkan emosi sesaat, agar pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

 

Penjelasan di atas merupakan serangkaian pembahasan mengenai pengertian feedback, jika kamu ingin belajar lebih jauh mengenai cara mempelajari tentang apa itu feedback kamu bisa mendaftarkan diri menjadi bagian dari Cakrawala University. 

 

Cakrawala University akan memberikan pembelajaran mulai dari awal sampai kamu bener-bener mahir dan paham dong tentunya! Yuk sekarang juga, daftarkan diri kamu menjadi bagian (Cakrawala University)!

 

 

 

Baca Juga:

Register Banner

Share

Berita Terkait

Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

01 November 2023

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya

Universitas Cakrawala

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan

Universitas Cakrawala

07 November 2023

Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya

07 November 2023

Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University

Universitas Cakrawala

13 November 2023

Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar

Universitas Cakrawala

13 November 2023

10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan

Universitas Cakrawala

05 March 2025

Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji

Universitas Cakrawala

12 March 2025

10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!

Rahmawati

27 February 2025

Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!

Rahmawati

17 November 2023

Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya

Universitas Cakrawala

14 November 2023

Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji

Universitas Cakrawala

16 November 2023

Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya

Universitas Cakrawala

15 November 2023

Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Universitas Cakrawala

18 November 2023

Logo Cakrawala Black

Jl. Kemang Timur No.1, RT.14/RW.8, Pejaten Bar., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

© 2023 Cakrawala University. All Rights Reserved.