Oleh Universitas Cakrawala
•
09 July 2024
Era digital yang semakin maju saat ini membuat pemasaran online menjadi strategi yang sangat efektif untuk bisnis, para pebisnis bisa mencapai target dari audiens mereka. Hal ini membuat banyak strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan secara online, salah satunya dengan menggunakan ads atau iklan online berbayar. Perkembangan dari dunia digital yang begitu pesat membawa dampak besar tentunya, salah satunya dalam dunia bisnis. Salah satu platform media sosial yang sekarang sedang trend digunakan untuk kebutuhan iklan bisnis yaitu Instagram Ads.
Instagram Ads menjadi media promosi yang bermanfaat untuk promosi dan perkembangan sebuah bisnis. Instagram mempunyai banyak pengguna yang sering aktif setiap bulan dan rata-rata penggunanya bisa menelusuri platform selama 50 menit setiap harinya. Dengan begitu, Instagram Ads bisa membantu kamu untuk memperluas jangkaun yang signifikan.
Instagram Ads merupakan bentuk layanan yang berbayar dari Instagram dan membantu kamu dalam menampilkan konten promosi bisnis yang menjangkau audiens secara luas. Konten berbayar tersebut bisa ditempatkan ke berbagai fitur Instagram mulai dari feed, story, explore, dan lainnya. Instagram saat ini menduduki posisi teratas dalam platform yang mempunyai jumlah pengguna terbanyak di dunia. Hal ini terjadi karena Instagram selalu memberlakukan inovasi dalam peningkatan performa terhadap berbagai fitur yang dimilikinya. Pembaruan dan juga inovasi dari setiap fiturnya membuat instagram semakin disegani dan mempunyai daya saing tinggi untuk berbagai platform kompetitor lainnya. Maka dari itu, hal ini bisa dijadikan peluang emas untuk para pebisnis dalam memperluas jaringan bisnisnya.
Instagram membuat fitur inovasi baru yang mana menghadirkan Instagram Ads atau biasa disebut dengan IG Ads. Instagram Ads merupakan bentuk fitur iklan yang sudah disediakan oleh Instagram dan sering digunakan banyak perusahaan karena efektif serta efisien. Iklan Instagram memiliki berbagai jenis iklan yang sesuai dimana setiap variasi iklan bisa membantu kamu untuk menjangkau pengguna Instagram secara berbeda. Kamu bisa memilih satu atau menggabungkan berbagai jenis iklan untuk membuat postingan yang unik, menarik, dan menjangkau luas.
Instagram Ads berdasarkan penempatan yang bisa menjangkau target pasar dengan menempatkan iklan kamu di berbagai fitur Instagram. Berikut ini beberapa jenis dari Instagram Ads berdasarkan penempatannya.
Iklan ini akan muncul pada bagian Instagram Stories yang memungkinkan kamu untuk menggunakan iklan video, foto, carousel, dan koleksi. Story didalam Instagram berlangsung selama 24 jam, Story Ads sangat populer untuk dunia bisnis yang menawarkan strategi pemasaran eksklusif. Kamu juga bisa menggunakan iklan semacam itu untuk memberikan urgensi target dari pasar bisnis kamu. Contohnya, kamu bisa memposting Story Ads saat meluncurkan penawaran dalam waktu yang terbatas. Saat pelanggan melihat iklan kamu, mereka akan bertindak cepat agar bisa memanfaatkan promo atau diskon yang kamu sediakan.
Bagian yang paling dasar dari Instagram yaitu Feed Ads, tipe dari ikan ini memungkinkan kamu untuk menggunakan semua jenis atau format iklan seperti single image, carousel, video, shopping hingga collection. Hal terbaik berhubungan dengan jenis iklan yaitu kamu akan tahu bahwa postingan merupakan iklan ketika mereka melihat kata sponsor. Hal ini karena feed ads muncul pada feed organik platform.
Jenis iklan ini akan muncul di Explore Ads dan hanya mempunyai format iklan video dan juga gambar. Instagram akan mengkurasi konten untuk setiap penggunanya, explore ads ini juga sangat bertarget yang mana konten kamu akan muncul pada bagian explore pengguna yang berada pada demografi tergaet kamu dan juga minat yang sama.
Instagram Ads memainkan peranan penting untuk banyak perusahaan khususnya dalam hal meningkatkan brand awareness serta bisnis online. Banyak pebisnis yang ingin memulai bisnis baru hanya dari pengikutnya saja. Instagram Ads mempunyai banyak fitur serta opsi iklan yang dapat menjangkau audiens luas guna meningkatkan brand awareness. Saat menjalankan iklan di Instagram banyak objective atau goal campaign yang bisa dipilih, namun brand awareness yang harus menjadi objective pertama untuk digunakan.
Instagram mempunyai akses dalam menjalankan opsi dari Advanced Targeting untuk menjalankan iklan. Instagram Ads mempunyai kemampuan yang sama dengan Facebook guna untuk menargetkan audiens secara lebih baik. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengiklankan kepada orang berdasarkan atas lokasi, perilaku, minat, dan usia seperti apa yang ditawarkan di iklan Facebook. Kamu bisa menggunakan opsi Advanced Targeting dimana kamu bisa menargetkan audiens tertentu yang memiliki ketertarikan dalam membeli produk kamu.
Instagram menjadi platform social media yang sangat populer akhir-akhir ini. Hal ini terbukti dari tingginya Engagement Rate atau dari keterlibatan pengguna. Salah satu platform e-commerce menemukan jika orang-orang yang terlibat dengan konten bermerek di Instagram 58 kali lebih banyak daripada di Facebook dan 120 kali lebih banyak daripada Twitter. Tingkat keterlibatan yang paling tinggi untuk postingan di Instagram merupakan postingan foto yang kemudian diikuti oleh carousel lalu video.
Instagram Ads tidak hanya bertujuan dalam membangun brand awareness saja tetapi ketika bisnis atau produk kamu sudah cukup kuat, kamu bisa menggunakan Instagram Ads untuk memungkinkan pengguna langsung dalam membeli produk tanpa meninggalkan platform. Kamu juga bisa menggunakan Instagram Ads untuk mendatangkan traffic ke website kamu melalui CTA yang mengarahkan audiens ke situs kamu. Instagram akan menawarkan dalam menjalankan iklan yang sesuai dengan objective goal untuk bisa dicapai, masing-masing objective ini mempunyai CTA yang mengarahkan ke website, mengunjungi profil, atau mengisi form.
Social Media Marketing menjadi hal yang sangat penting, banyak benefit yang bisa didapatkan dari penggunaan social media marketing, salah satunya yaitu Instagram Ads. Instagram Ads bisa memperkuat strategi digital marketing yang akan kamu gunakan untuk kepentingan bisnis kamu dan menargetkan kepada audiens tertentu, dan pastinya meningkatkan brand awareness.
Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam lagi mengenai Instagram mimin punya rekomendasi tempat yang tepat untuk kamu ingin memulai menjadi seorang Advertiser. Cakrawala University menjadi tempat yang tepat untuk kamu ingin memulai karir di bidang Advertiser. Yuk daftarkan sekarang juga di sini Cakrawala University!
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
Mengenal Jurusan Data Science dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa itu Digital Marketing, Contoh, dan Kelebihannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023