Oleh Universitas Cakrawala
•
19 August 2024
Di era digital saat ini, pekerjaan sebagai social media specialist semakin banyak diminati, terutama oleh gen Z yang tumbuh dengan teknologi dan media sosial. Cara menjadi social media specialist kini menjadi topik yang sering dicari oleh mereka yang ingin menggabungkan kreativitas dengan keahlian digital.
Gen Z melihat peran ini sebagai sebuah peluang untuk mengekspresikan diri sekaligus berkontribusi pada perkembangan perusahaan yang mereka dukung. Dengan keterampilan dalam mengelola konten, memahami tren, dan berkomunikasi dengan audiens, banyak anak muda yang tertarik untuk berkarir di bidang ini.
Tidak bisa dipungkiri, peran social media specialist sangat penting dalam menyusun strategi konten untuk meningkatkan brand awareness dan engagement. Lantas, bagaimana untuk menjadi seorang social media specialist? Dalam artikel ini kami akan membahasnya. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!
Social media specialist merupakan bidang pekerjaan yang mengelola akun media sosial milik perusahaan atau brand. Meskipun terdengar cukup sederhana, namun kenyataannya pekerjaan ini tidak mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang social media specialist yang sukses.
Social media specialist bertugas merancang strategi media sosial dimulai dari konsep dan pembuatan konten dari tahap awal hingga akhir. Mereka langsung terlibat dalam proses perencanaan, pembuatan, hingga penganalisisan performa konten ketika sudah dipublikasikan.
Akan tetapi, social media specialist biasanya tidak bekerja sendirian. Mereka akan bekerja sama dengan departemen lain, seperti desain grafis, videografer, fotografer, serta copywriter.
Tips pertama untuk menjadi seorang social media specialist yaitu mendapatkan pendidikan yang relevan. Meskipun tidak selalu diperlukan gelar khusus, memiliki latar belakang dalam komunikasi, pemasaran, atau bisnis digital dapat memberikan keuntungan.
Selain itu, keterampilan dasar seperti menulis yang baik, kemampuan desain grafis dasar, dan pemahaman tentang platform media sosial sangat penting.
Seorang social media specialist harus memahami berbagai platform media sosial, termasuk diantaranya Instagram, TikTok, Facebook, YouTube, X (Twitter), dan LinkedIn. Hal ini melibatkan pemahaman tentang cara kerja dari setiap platform, jenis konten yang paling efektif, dan bagaimana algoritma masing-masing platform mempengaruhi konten.
Memiliki portofolio yang menunjukkan kemampuan dan hasil kerja sangat penting dalam cara menjadi social media specialist. Ini bisa mencakup pekerjaan yang telah dikerjakan, seperti pembuatan konten, campaign media sosial, analisis konten, dan sebagainya. Portofolio ini sangat membantu untuk menunjukkan kepada calon perusahaan atau klien tentang potensi kamu sebagai seorang social media specialist.
Tren di media sosial akan terus berubah mengikuti perkembangan. Jika ingin menjadi seorang social media specialist, berarti kamu harus terus mengikuti tren media sosial yang sedang berjalan.
Sebagai contoh, kamu tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang industri fashion. Kamu harus mengetahui siapa saja kompetitor yang berada di bidang tersebut, dan strategi apa yang akan kamu lakukan untuk dapat lebih baik dari mereka.
Untuk menambah keterampilan dan wawasan tentang social media specialist, kamu bisa belajar secara otodidak. Saat ini kamu bisa memanfaatkan internet untuk mempelajari tentang media sosial, seperti melalui YouTube, blog, podcast, hingga webinar gratis.
Kreativitas menjadi kunci dalam menciptakan konten yang menarik dan berbeda dari lainnya. Jangan takut untuk bereksperimen dengan ide-ide baru. Menjadi social media specialist berarti harus bisa memadukan elemen visual dan narasi yang menarik perhatian audiens.
Mengelola berbagai akun media sosial membutuhkan manajemen waktu yang baik. Dengan memanfaatkan berbagai tools media sosial dapat membantu agar tetap teratur dan memastikan konten dipublikasikan secara konsisten.
Untuk dapat mengukur kinerja konten, kamu membutuhkan tools analitik. Berbagai data yang dikumpulkan dapat memberikan wawasan tentang apa yang berhasil dan perlu ditingkatkan. Beberapa tools analitik yang banyak digunakan oleh social media specialist diantaranya Google Analytics, Hootsuite, Sprout Social, dan lain-lain.
Sebagai penghubung antara brand atau perusahaan dengan audiens, kemampuan komunikasi secara efektif dibutuhkan oleh seorang social media specialist. Hal ini mencakup keterampilan dalam menulis, berbicara, dan juga mendengarkan.
Pastikan kamu bisa menyampaikan pesan dengan jelas dan sesuai dengan tone of voice dari brand yang kamu kelola.
Dunia media sosial sangat dinamis, dan seorang social media specialist harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Kemampuan berpikir cepat dan menyesuaikan strategi berdasarkan feedback adalah keterampilan yang berharga sebagai seorang social media specialist.
Menjadi seorang social media specialist menjadi sebuah pilihan karir yang menjanjikan di era digital saat ini. Dengan pemahaman yang tepat tentang cara menjadi seorang social media specialist dan mengikuti tips di atas, kamu dapat memulai perjalanan menuju karir yang sukses.
Tertarik untuk menjadi seorang social media specialist? Jurusan Bisnis Digital di Cakrawala University menjadi pilihan yang tepat untuk membekali ilmu dan keterampilan agar berkarir menjadi social media specialist yang sukses.
Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan kami, dan bangun masa depan yang cerah di dunia digital! Kunjungi https://www.cakrawala.ac.id/ untuk informasi lebih lanjut.
Baca Juga :
Berita Terkait
Simak di Sini Apa Saja Mata Kuliah Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
01 November 2023
Mengenal Lebih Dekat Jurusan Sistem Informasi dan Prospek Kerjanya
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan: Definisi, Jadwal, Biaya, dan Jurusan
Universitas Cakrawala
•
07 November 2023
Bisnis Digital : Definisi, Konsep, Contoh, dan Peluangnya
Rahmawati
•
07 November 2023
Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta - Cakrawala University
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Politeknik Agar Tidak Tertukar
Universitas Cakrawala
•
13 November 2023
10 Prospek Karier Ilmu Komputer, Gajinya Menjanjikan
Universitas Cakrawala
•
05 March 2025
Jurusan Manajemen Keuangan: Mata Kuliah, Prospek Kerja, Gaji
Universitas Cakrawala
•
12 March 2025
10 Prospek Kerja Jurusan Sains Data dengan Gaji Tinggi!
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Hard Skill dan Soft Skill : Perbedaan, Contoh dan Tips Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Brainstorming : Pengertian, Tujuan, Contoh serta Cara Melakukannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bisnis Digital
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Daftar Mata Kuliah S1 Sistem Informasi Universitas Cakrawala? Cek Disini!
Rahmawati
•
27 February 2025
Teknologi Digital : Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023
Blended Learning : Pengertian, Manfaat dan Tahapannya
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Apa Itu Marketing Analysis, Tugas hingga Jenjang Karirnya dan Gajinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Digital Literacy : Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Transformasi Digital, Fungsi dan Contoh Penerapannya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Apa Itu Analis Keuangan, Tugas, Gaji dan Skill yang Harus Dimiliki
Universitas Cakrawala
•
14 November 2023
Apa Itu Manajemen Keuangan, Prinsip dan Fungsinya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
10 Prospek Kerja Manajemen Keuangan dengan Gaji Menjanjikan!
Rahmawati
•
17 November 2023
Apa Itu Digital Marketing? Ini Definisi, Manfaat, hingga Toolsnya
Alifia Kamila
•
14 November 2023
Digital Marketer : Tugas, Prospek Kerja, Jenjang Karir, dan Gaji
Universitas Cakrawala
•
16 November 2023
Auditor Adalah: Pengertian, Kode Etik, Jenis-jenis dan Tugasnya
Universitas Cakrawala
•
15 November 2023
Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari
Universitas Cakrawala
•
18 November 2023